37 Atlet Panah Perpani Tanbu Berjuang Rebut Juara

37 Atlet Panah Perpani Tanbu Berfoto Bersama Sebelum Berangkat Ke HSS (Foto : Eko)

JURNALKALIMANTAN.COM, TANAH BUMBU – Sebanyak 37 atlet yang tergabung dalam Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Tanah Bumbu dikirim mengikuti kejuaraan Panahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2021 pada Jumat (16/12/2021) pagi.

Pelepasan keberangkatan Kontingen ini, langsung dilepas oleh Ketua Perpani Tanbu, Ir. Aman Ma’mur. Mereka bakal berlaga di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mulai 18 – 23 Desember 2021 mendatang.

Kontingen Panahan Tanbu terdiri dari 31 atlet, 3 pelatih, dan 3 official yang bersiap untuk mengharumkan nama daerahnya.

Ketua Umum Perpani Tanbu, Ir. Aman Ma’mur menjelaskan, agar puluhan atlet Perpani setempat terus mengembangkan olahraga Panahan di Kalsel. Khususnya Tanbu. Disamping itu, ia berharap agar Perpani tetap menjadi kiblat panahan di Banua.

“Jangan berpuas diri dengan hasil yang ada selalu tingkatkan kemampuan agar tidak hanya juara di Kalsel, tapi juara di tingkat nasional bahkan internasional,” katanya.

Ia mengingatkan, agar para atlet Perpani Tanbu selalu tetap menjaga kedisiplinan. Terlebih, menjaga kesehatannya.

“Jangan bergadang, selalu fokus ketujuan yaitu mendapatkan hasil terbaik bahkan sampai menjadi juara,” ujarnya.

Sementara itu, pelatih Perpani Tanbu, M. Ali menjelaskan, jumlah kontingen Panahan dari Tanbu l yang bakal dipertandingkan kelasnya beragam.

Diantaranya, Divisi nasional 50, 40 dan 30 m, lalu divisi recurve 70 m, divisi Coumpond 50 m, kemudian Divisi Traditional atau jemparingan 40 m, terakhir divisi Bareboow 50 m.

“Kelas Coumpound Putra Kita memiliki atlit bernama Ardiansyah yang sudah memiliki nama besar di Kalsel, dan memiliki pengalaman bertanding di kancah nasional,” kata M Ali.

Dipaparkan, Perpani Tanbu selalu terus berusaha untuk mensosialisasikan dan mengembangkan olahraga panahan. Untuk itu, Perpani Kuansing secara berkala melakukan sosialisasi, antara lain ke berbagai sekolah untuk menumbuhkan minat dan menjaring calon atlit dapat dibina ke jalur prestasi.

Bertemu dengan salah satu atlet Perpani Tanbu, Eko Faqih Rahman mengaku, sangat beruntung dapat kembali mengikuti lomba ke sekian kalinya ini.

Dirinya mengaku, telah mempersiapkan diri jauh hari untuk meraih hasil terbaik.”Tiap hari selesai pulang kerja pasti latihan, atau pas libur kerja pasti menyempatkan latihan. Jadi, sudah sangat siap mengharumkan nama daerah,” imbuh pria berprofesi sebagai photographer Pemda Tanbu ini.(Agus)