Bupati Aulia Apresiasi Inovasi Barakat Ceting Dalam Intervensi Stunting

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi secara simbolis menyerahkan bantuan untuk ibu menyusui di Kecamatan Batu Benawa

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI TENGAH – Dalam rangka pencegahan stunting pada remaja putri calon ibu dan juga kepada ibu hamil dan menyusui, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) gelar Road Show “Barakat Ceting” (Bersama Masyarakat Tuntas Cegah Stunting), di Kecamatan Batu Benawa, Senin (8/7/2024).

Bupati HST H Aulia Oktafiandi, dalam sambutannya mengapresiasi Kecamatan Batu Benawa  yang menyelenggarakan Road Show Barakat Ceting. Ia juga mendorong tiap desa agar turut berinovasi dalam upaya menurunkan stunting.

Bupati Aulia mengharapkan kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat bahwa tugas mulia ini adalah menyiapkan generasi ke depan.

“Tantangan kita ialah menghadapi kemungkinan anak-anak kita ini bisa tumbuh tidak optimal karena stunting, dan tugas bersama kita adalah bagaimana kita memberantas stunting di Kabupaten kita ini, ” jelas Aulia

Bupati juga mengajak seluruh perangkat daerah mulai dari seluruh masyarakat, kepala desa, Camat dan instansi terkait untuk bergotong royong dan terus menguatkan sinergitas bersama.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi penyemangat bagi kita dan memberikan hasil yang baik kepada masyarakat kita,” tutupnya.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan beberapa bantuan intervensi terkait stunting,  bedah rumah, septictank, bantuan B2SA (beragam, bergizi, sehat dan aman), serta bantuan ternak.

Selanjutnya bantuan Bapak Asuh Anak Asuh (BAAS) Dinsos PPKB PPPA Kab HST, bantuan sembako dari Bapak Asuh Stunting dan Ibu Asuh Stunting kepada ibu balita, dan penyerahan sertifikat Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) untuk catin.

Agenda tersebut dihadiri perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Para Kepala OPD Lingkup Pemkab HST, Camat Batu Benawa dan jajaran, Ketua MUI, KUA Kecamatan Batu Benawa, dan undangan lainnya. (Rz)