Dirhubla RI Apresiasi PT Ambapers Pasang 5 Unit Alat Bantu Navigasi Pelayaran

Ambapers bersama kementerian perhubungan resmikan sekaligus pemasangan sarana bantu navigasi pelayaran di alur sungai barito

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – PT Ambang Barito Nusapersada (Ambapers) meresmikan sekaligus melakukan pemasangan lima buah sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP).

Peresmian dan pemasangan sarana ini dilaksanakan langsung Direktur Kenavigasian Perhubungan Laut RI Capt. Budi Mantoro, M.Si., M.Mar. di Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Rabu (16/8/2023).

Direktur Utama PT Ambapers Dr. H. Zulfadli Gazali, M.Si. dalam sambutannya menjelaskan, pihaknya telah memperoleh izin konsesi dan telah dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin. Dalam kesepakaan tersebut ada kewajiban dan janji kepada pemerintah untuk memasang SBNP.

“Semoga dengan terpasangnya ini menambah ikhtiar kita dalam menjaga keamanan dan keselamatan di Alur Ambang Barito,” ucapnya.

Direktur Kenavigasian menyambut baik apa yang telah dilakukan PT Ambapers. Menurutnya, sebuah alur pelayaran yang ditetapkan harus dilihat lebih dahulu panjang alur dan kebutuhannya di setiap titik yang akan dilakukan pemasangan.

Kemudian, untuk pemasangan nantinya akan dilakukan evaluasi terkait alur maupun sarana yang dibutuhkan, agar bisa memberikan tanda atau perhatian bagi kapal yang melintas.

“Ke depan jika dibutuhkan, maka bisa ditambah lagi alat sarana bantu navigasi ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Satuan Hukum dan Sertifikasi Kapal KSOP Kelas I Banjarmasin Capt. Oka Harry Putranto mengatakan, penambahan sarana ini akan dikaji lagi sesuai dengan situasi yang ada, dan bisa ditambah jika memang dibutuhkan.

“Setelah ini kita akan monitor terus. Kita lihat perkembangan kepadatan alur yang ada, dan itu akan menjadi kajian ke depan, sehingga sesuatunya tepat dan sesuai dengan kebutuhan,” tutupnya.

(YUNN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *