ESG Mission di SMKN 2 Amuntai, Trio Motor Ajarkan Siswa Memilah dan Mencegah Hoaks

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI UTARA – PT Astra Honda Motor (AHM) bersama main dealer Trio Motor gelar “ESG Mission, Engaging for The Future”, dengan mengajak masyarakat ikut aktif bersama sepeda motor Honda dalam mendukung kemajuan di Tanah Air. Melalui semangat “Sinergi bagi Negeri”, sepeda motor Honda berkomitmen untuk terus konsisten berkontribusi dalam sustainability bangsa Indonesia melalui berbagai program Environmental, Social, and Governance (ESG).

Pada program ini, para peserta berkesempatan memberikan edukasi pengetahuan komunikasi kepada 100 pelajar di salah satu sekolah binaan honda, yakni SMK Negeri 2 Amuntai. Aktivitas ini hadir sebagai langkah dari Honda untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan dan pengetahuan informasi di era digital. Berbagai materi ajar secara teori disampaikan kepada para siswa untuk dapat mengenal dan memilah informasi dari berbagai saluran komunikasi, seperti media massa hingga media sosial.

Lidya Maya Sari, Corporate Communication PT Trio Motor menjelaskan, tujuan dari ESG Mission “Educate for You” adalah untuk mendukung pembangunan di bidang pendidikan dan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan.

“Selain itu, juga fokus pada edukasi mengenai memilah dan mencegah hoaks di era digital,” tuturnya melalui siaran pers Trio Motor, Jumat (21/06/2024).

Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Trio Motor dalam memberikan edukasi yang bermanfaat bagi generasi muda mengenai isu-isu penting dalam dunia digital saat ini. SMK Negeri 2 Amuntai dipilih sebagai lokasi acara, karena merupakan salah satu sekolah yang menjadi fokus perhatian Trio Motor dalam mendukung pendidikan dan pengembangan potensi siswa.

Acara ini dihadiri empat jurnalis, yakni Ikhsan Makkawali (lenterakalimantan.com), Realita Nugraha Muhammadsyah (borneotrend.com), Muhammad Kamil Ridho Perdana (kalimantanlive.com), dan Adiyat Ikhsan (Kalsel Pos). Mereka tidak hanya meliput dan mempublikasikan kegiatan ini kepada masyarakat, tetapi juga memberikan pemaparan materi untuk siswa.

“Kegiatan ini juga merupakan bagian dari semangat ‘Sinergi bagi Negeri’, yang mengajak semua pihak bersinergi dalam membangun masa depan yang berkelanjutan untuk negeri,” tambah Lidya.

Acara ini meliputi pemaparan materi oleh Realita Nugraha Muhammadsyah dan Adiyat Ikhsan. Dilanjutkan sesi tanya jawab untuk mendalami topik yang dibahas, serta sesi penyerahan hadiah bagi para peserta yang beruntung berupa helm berstandar SNI, sebagai bentuk apresiasi dan motivasi.

“Melalui acara ESG Mission – Educate For You di SMK Negeri 2 Amuntai dengan tema ‘Memilah dan Mencegah Informasi Berita Hoax di Era Digital”, Trio Motor tidak hanya memberikan kontribusi dalam pendidikan dan sosial, tetapi juga mengedukasi generasi muda tentang pentingnya literasi digital yang benar. Semoga inisiatif ini terus memberikan dampak positif dan inspirasi bagi masyarakat yang lebih luas,” pungkas Lidya.

(Saprian)