HST Dominasi Kejuaraan Internasional Pencak Silat Tradisional

Pencak Silat Kuntau

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI TENGAH Perguruan-perguruan kuntau di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berhasil meraih enam medali emas, pada Kejuaraan Internasional Pencak Silat Traditional Championship 2022. 

Gelaran yang diikuti berbagai negara secara virtual tersebut, juga mendapat 2 medali perak dan 1 medali perunggu. 

Adapun perguruan kuntau yang meraih medali ialah Cakar Elang, Sinding Kalimah Sakti, Jasa Datu Macan Terkam, Cancang Lima Saliwah, dan Sasangga Banua. 

Plt. Kasi Kesenian dan Kebudayaan Dinas Pendidikan HST Masruswian mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi capaian yang telah diraih tersebut.

Karena dengan makin dikenalnya bakuntau di kancah internasional, juga berhasil mengubah paradigma lama tentang bakuntau yang dikenal hanya sebagai hiburan saat resepsi pernikahan. 

“Saat ini seni bela diri bakuntau sudah memiliki ruang yang lebih luas dalam berkesenian,” ungkap Masruswian melalui siaran persnya, Ahad (22/05/2022). 

Ditambahkannya, saat ini seni bela diri tradisional di wilayahnya berkembang dengan pesat, dibuktikan dengan meningkatnya jumlah perguruan selama tiga tahun terakhir, dengan ribuan pegiat.

“Seni bela diri bakuntau merupakan salah satu objek pemajuan kebudayaan di wilayah kita, sehingga pemerintah daerah harus berperan untuk melestarikannya,” pungkasnya.