Kaji Arah Pembangunan Banjarmasin, Pemkot Lakukan Ratek RPJMD 2025–2029

Foto bersama usai pembukaan kegiatan

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappedalitbang) melaksanakan Sosialisasi Rancangan Teknokratik (Ratek) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2025–2029, Rabu (19/06/2024).

Berlangsung pada salah satu hotel, kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah Ikhsan Budiman, yang turut dihadiri Kepala Bappedalitbang Ahmad Syauqi, sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah, para camat, lurah, narasumber, serta jajaran terkait.

Ikhsan mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen bersama untuk membangun Banjarmasin menjadi kota yang lebih baik, inklusif, dan berkelanjutan. Ia berharap, semua pihak dapat bekerja sama dan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi, khususnya terkait tujuan pembangunan Banjarmasin ke depan.

Ikhsan pun mendorong perencanaan, pengawalan pelaksanaan, maupun monitoring aktivitas pembangunan, agar dapat terlaksana efektif dan efisien, serta bermanfaat secara menyeluruh terhadap lapisan masyarakat.

Maka dari itu, Sekda mengimbau seluruh kepala SKPD maupun unit kerja di lingkungan Pemkot Banjarmasin dapat memberi kontribusi dengan berbagi gagasan, aspirasi, dan solusi, sehingga Banjarmasin di tahun 2025–2029 dapat menjawab segala isu pembangunan.

“Setiap masukan, setiap gagasan, akan menjadi bahan bakar bagi kita dalam merancang rencana pembangunan yang lebih efektif dan berdaya saing. Mari Bersama-sama menjadikan Kota Banjarmasin sebagai tempat yang lebih baik untuk kita semua,” tutupnya.

Sementara itu, Ahmad Syauqi mengungkapkan maksud dan tujuan kegiatan ini, agar mendapatkan manfaat dan dampak dari program pembangunan Kota Banjarmasin.

“Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memberikan ruang sebesar-besarnya untuk diskusi dan _sharing_ terkait penajaman, penyelarasan terhadap visi misi, serta arah kebijakan dan sasaran pokok untuk 5 tahun yang akan datang,” pungkasnya.