Karlie Hanafi Sosialisasi Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan

JURNALKALIMANTAN.COM, BARITO KUALA  – Dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Barito Kuala, Hery Sasmita, acara Sosialiasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Ideologi Pancasila dilaksanakan oleh Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dr. H. Karlie Hanafi Kalianda, SH., MH, di ruang Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Barito Kuala, pada Kamis (4/7) pagi.

Karlie menjelaskan tentang empat pilar kebangsaan. Yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Empat pilar adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat, karena merupakan panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan negara yang adil, makmur, sejahtera berdasarkan Pancasila,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan sejarah singkat lahirnya Pancasila kepada para pegawai yang jadi peserta sosialisasi.

Karlie juga memberikan pencerahan terkait peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang seharusnya memiliki knowledge, skill dan mental attitude.

Sementara, SDM yang profesional menurutnya adalah SDM yang ahli di bidangnya, bekerja dengan tolak ukur dan mampu meningkatkan kinerja.

“Banyak peranan yang kita lakukan dalam kehidupan, menjadi ASN maupun dalam kehidupan pribadi. Bagaimana kita berkehidupan yang baik, maka nilai-nilai Pancasila lah yang harus kita implementasikan dalam berperilaku dan bertindak,“ ungkapnya.

(WKe/Viz)