Kebakaran Ponpes Al Falah, Kerugian Ditaksir Hingga 2 Miliar Rupiah

Kebakaran Ponpes Al Falah

JURNALKALIMANTAN.COM,BANJARBARU – Musibah kebakaran hebat terjadi di Banjarbaru, melanda Pondok Pesantren Al Falah, Jl. A.Yani Kilometer 23, Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, pada Kamis (15/7/2021) sekitar pukul 05.30 dini hari.

Kapolsek Banjarbaru Barat Kompol Andri Hutagalung, mengatakan, kebakaran tersebut menghanguskan sebanyak 4 bangunan.

Advertisement

” 2 Bangunan bertingkat dengan luas masing-masing bangunan 50 x 6 meter persegi, yang terbagi menjadi 20 ruangan. Pada ruangan atas adalah kelas dan pada ruangan bawah merupakan Asrama, ruang wartel serta toko kitab,” kata Andri.

Lanjut dia juga menjelaskan, 2 unit bangunan lain yang di fungsikan sebagai asrama.

“Adapun rincian ruang terbakar berdasarkan fungsinya, yakni 9 unit ruang asrama, 12 unit ruang kelas, 1 unit wartel, 1 unit toko kitab alfalah,” bebernya.

Masih dalam keterangan polisi, pada pukul 05.30 wita, saat para santri masih berada di Masjid, terdengar teriakan ‘api, api, kebakaran’.

Kemudian santri dan para ustaz yang berada di masjid langsung berlarian menuju ke asrama yang terbakar sambil berusaha mengeluarkan pakaian dan kitab-kitab hukum Islam.

Sekitar pukul 06.10 wita para Barisan Pemdam Kebakaran (BPK) berdatangan dari Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin serta Kabupaten Banjar.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.30 wita, dari hasil olah TKP awal disimpulkan kebakaran disebabkan dari konsleting listrik yang berasal dari sambungan listrik untuk menyalakan dispenser, alat pemanas air dan kipas angin,” jelas Kapolsek.

Akibat kebakaran tersebut kerugian ditaksir mencapai 2 Miliar Rupiah.

Reporter : Wahyu F
Editor     : Rian

Advertisement