Khilafatul Muslimin Tanbu Bertekad Pertahankan NKRI 

Khilafatul muslimin tanah bumbu
Ketua Khilafatul Muslimin Tanbu (tengah) membacakan deklarasi

JURNALKALIMANTAN.COM, TANAH BUMBU – Pascapenangkapan Pimpinan Pusat Khilafatul Muslimin (KM) Abdul Qodir Hasan Baraja oleh Polda Metro Jaya, disikapi langsung pengurus KM Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), dengan membuat pernyataan dukungan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Deklarasi ini dilakukan langsung Mustasin, Ketua KM Tanbu, di Aula Kantor Camat Batulicin, Jumat (01/06/2022).

Dalam pernyataannya, ia bersama segenap pengurus dan pengikut KM Kemas’ulan Tanbu, mengakui NKRI yang berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai 4 pilar kebangsaan.

Selain itu, ia menyatakan bertekad mempertahankan NKRI, menjunjung tinggi kebhinekaan, toleransi beragama, dan menolak radikalisme yang bertentangan dengan Pancasila.

Terlebih, juga bersedia mencegah penyebaran seluruh paham yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI.

“Bertekad hidup berdampingan dengan segenap masyarakat sekitar secara harmonis, dan menjunjung tinggi asas Bhineka Tunggal Ika,” sambungnya dalam deklarasinya.

Sikap ini ditegaskan pihaknya disampaikan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Deklarasi ini disaksikan pula oleh Kepala Unit II Subdit IV Direktorat Intelijen Keamanan (Ditintelkam) Polda Kalimantan Selatan, perwakilan Kantor Kemenag Tanbu, Kepala Bagian Operasional Satuan Intelkam Polres Tanbu, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Batulicin, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Kepala Unit II Sub Direktorat Keamanan Negara Ditintelkam Kompol Muhammad Sukar mengharapkan, agar pengurus dan pengikut KM Tanbu benar-benar melaksanakan ikrar yang sampaikan.

“Tentunya ikrar ini harus dilakukan oleh semua jajaran KM,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Penyuluh Agama Islam Kemenag Tanbu Ustaz Muhammad Arfian, yang menyampaikan bahwa bermasyarakat harus sesuai dengan asas-asas yang sudah digariskan oleh negara, dan bersama-sama untuk menjaga Indonesia agar senantiasa dalam perdamaian dan jauh dari perpecahan, yaitu dengan cara menjalankan 4 pilar.

Editor : Achmad MT