MTQ ke-53 Kabupaten Batola 2022  Resmi Dibuka Bupati 

MTQ ke-53 Kabupaten Batola

JURNALKALIMANTAN.COM, BARITO KUALA – Berlangsung di Panggung Utama Lapangan Sepak Bola Desa Simpang Nungki Kecamatan Cerbon, Bupati Hj. Noormiliyani A.S. resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran ke-53 Tingkat Kabupaten Barito Kuala (Batola) Tahun 2022, Jumat (17/06). 

Kegiatan ini berlangsung 4 hari hingga Senin (20/06).

Bupati mengaku bersyukur dapat kembali bersilaturahmi bersama para qari/qariah, hafiz/hafizah, dan peserta lainnya dari seluruh kecamatan.

“Hal itu bertujuan untuk menguji sejauh mana kemampuan anak-anak mempelajari, memahami, dan mengamalkan ayat-ayat suci dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Noormiliyani dalam sambutannya. 

Selain itu tegasnya, Pemkab Batola akan terus memberikan perhatian dan komitmen terhadap program dan kegiatan keagamaan, baik lewat pembinaan anak-anak santri dalam Pondok Al-Qur’an, pondok tahfiz, serta kegiatan lainnya, seperti setiap bulan mendatangkan pendakwah yang memberikan tausiah kepada masyarakat, mendirikan Majelis Taklim Ummul Khadijah, pembangunan masjid di setiap kecamatan yang dikunjungi setiap tibanya Ramadan, dan agenda lainnya. 

Sekda Batola H. Zulkipli Yadi Noor selaku Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran mengatakan, MTQ diselenggarakan sebagai ajang seluruh peserta untuk saling bersilaturahmi dan berkompetisi secara sehat meraih prestasi terbaik, dalam upaya menumbuhkan semangat mempelajari segala bidang keagamaan khususnya Al-Qur’an. 

“Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan, telah dilaksanakan serangkaian kegiatan terkait pembinaan terhadap panitia penyelenggara, seperti melaksanakan orientasi perhakiman, melaksanakan verifikasi peserta, hingga menggelar technical meeting bagi perwakilan kecamatan se-Batola guna merumuskan berbagai teknis pelaksanaan di lapangan,” ucapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama  Batola Anwar Hadimi mengutarakan, kegiatan ini menjadi agenda tahunan dan melekat pada kultur masyarakat Indonesia yang padat terhadap nilai-nilai agama. 

“Sepatutnya dilakukan pembaruan dan menetapkan niat dalam rangka ibadah, karena yang dilombakan adalah kalam Allah. Karena itulah pelaksanaannya hendaknya diarahkan dalam upaya menumbuhkan kecintaan untuk menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup sehari-hari,” ucapnya.

Adapun jumlah peserta tahun ini terdapat 384 orang (dari 17 kafilah) dengan tempat kegiatan terbagi 6 lokasi, yaitu panggung utama Lapangan Bola Desa Simpang Nungki (cabang tilawah semua golongan), SDN Bantuil 1 (khattil Quran), SDN Bantuil 2 (fahmil Quran), halaman Kantor Camat Cerbon (syarhil Quran), Masjid Nuruddin Desa Bantuil (tahfiz Quran 1—5 juz), dan Masjid Baitul Muttaqin (tartil dan tahfiz 10, 20, serta 30 juz)

Pada pembukaan ini dihadiri pimpinan dan anggota DPRD, para anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para staf ahli bupati, para asisten, para pimpinan satuan kerja perangkat daerah, para camat, kepala instansi vertikal, pimpinan BUMN dan BUMD, Ketua MUI Batola K.H. Ahmad Jiansi Majedi, para ulama, guru agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, para kades, dan undangan lainnya.

(Alibana)