Mur Baut Jembatan dan Tutup Drainase Hilang, PUPR Banjarmasin Harapkan Kerja Sama Masyarakat

Tutup Besi Drainase
Kawasan Jalan Kuin Utara | Foto : Dok

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN Banyaknya mur baut Jembatan Pulau Bromo yang hilang, menjadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, yang meminta kerja sama masyarakat untuk membantu menjaga infrastruktur aset bersama.

Ajakan ini diungkapkan Plt Kepala Dinas PUPR Banjarmasin Rini Subantari, kepada para awak media di kantornya.

Walaupun pihaknya bersama kontraktor telah kembali memasang mur baut yang diduga dicuri tersebut, ia tetap mengharapkan peran serta semua warga untuk menjaganya.

“Kita sudah pasang kembali mur itu pada hari Kamis. Kami mohon kepada warga untuk menjaga itu, karena itu untuk kenyamanan dan keamanan warga semua,” paparnya, Jumat (14/01/2022).

Selain peristiwa yang sempat viral tersebut, pihaknya juga menyoroti tutup besi drainase yang juga diduga menjadi sasaran pencurian.

“Saya belum dapat data lengkapnya. Laporan dari camat, banyak yang hilang dan tersebar. Sudah sering pula terjadi, seperti di kawasan HKSN, yang saya lihat banyak sekali, sekitar 7 tutup yang hilang,” tutur Rini.

Oleh karena itu, pihaknya telah merancang bahan penutup yang permanen agar tidak dicuri kembali, dan untuk sementara disiapkan dengan bahan ulin agar bisa segera ditutup.

“Bukan kami tidak ingin memperbaiki, tapi tutup itu sebenarnya satu paket dengan drainase, jadi kami tidak punya cadangan,” imbuhnya.

Pihaknya juga mempertimbangkan penutup drainase permanen itu dapat dibuka kembali, untuk pembersihan saluran air.

“Membahayakan ketika tidak ada tutupnya memang, makanya kami sangat berharap ketika dipasang lagi, hal serupa tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Editor : Achmad MT