Paman Birin dan Acil Odah Lepas Kloter Pertama Calon Jemaah Haji Kalsel

Gubernur dan ketua TP PKK Kalsel melepas jamaah haji

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor didampingi Ketua Tim Penggerak PKK yang juga sebagai Wakil Ketua Embarkasi Banjarmasin Hj. Raudatul Jannah (Acil Odah), melepas calon jemaah haji kloter pertama Kalimantan Selatan, di Asrama Haji Kalsel di Kota Banjarbaru, Ahad (12/05).

Sebanyak 320 calon jemaah haji termasuk 5 petugas kloter pertama asal Kabupaten Banjar, resmi diberangkatkan ke Tanah Suci. Usai pelepasan, semuanya langsung naik bus menuju Bandara Syamsuddin Noor.

Sebelum melepas resmi, Paman Birin (sapaan akrab Gubernur) beserta istri, terlebih dahulu mendatangi jemaah lansia seraya menyalami yang lain, dan tak sedikit dari jemaah mengajaknya berfoto bersama.

Paman Birin dalam sambutannya mengatakan, para calon jemaah haji yang berangkat tahun ini hendaknya bersyukur, karena panggilan ibadah haji tidak dimiliki oleh semua orang.

“Mudah-mudahan berangkatnya selamat dan pulangnya juga selamat sampai Banua, sebagaimana kata Kalsel yakni kalian selamat. Mudah-mudahan berataan selamat,” ungkap Gubernur.

Di sisi lain, menurutnya, selain Kalsel sebagai pintu gerbang Ibu Kota Nusantara di masa depan, sebutan Kalsel Babussalam juga diharapkan Gubernur menjadi doa bagi masyarakat Banua, yakni Kalsel sebagai pintu keselamatan bagi seluruh warganya.

“Kalau Aceh Darussalam, kalau Brunei Darussalam, dan kalau Kalsel Babussalam, yakni pintu keselamatan bagi siapa saja. Mudah-mudahan kita semuanya selamat di dunia maupun di akhirat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalsel Muhammad Tambrin, sekaligus Ketua Petugas Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Banjarmasin menjelaskan, pihaknya akan melayani 5.759 orang, dengan rincian jemaah haji Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 4.071 orang, dan 1.688 calon jemaah haji dari Kalimantan Tengah.

“Adapun jumlah kelompok terbang (kloter) yang diterbangkan sebanyak 19 kelompok, dengan rincian 13 kloter dari Kalimantan Selatan, 5 dari Kalimantan Tengah, dan 1 kloter gabungan dengan jemaah dari Medan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, selain Acil Odah juga hadir Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK., dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalsel.

(md/Adpim)