Pastikan Pilkada Damai dan Persatukan Bangsa, Pangdam VI/Mulawarman Kunjungi Banjarmasin

Pangdam VI MULAWARMAN

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN Disambut tarian daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) dan dilanjutkan teriakan yel-yel khas jajaran prajurit TNI, Panglima Komando Daerah Militer Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman, Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M.Tr(Han)., mengunjungi markas Komando Distrik Militer (Kodim) 1007/Banjarmasin, yang diterima langsung Komandan Kodim, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalsel, Kamis (26/11/2020).

Kedatangan jenderal berpangkat bintang 2 ini, selain dalam rangka koordinasi bersama jajaran TNI/Polri dan Forkopimda, juga untuk memastikan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dapat berjalan damai.

Pihaknya juga siap membantu dari pengawalan hingga pengawasan, dengan menurunkan jajaran TNI yang dibantu Polri serta istansi pemerintah.

“Kita siap membantu dari jajaran Korem, Kodim hingga Babinsa, yang siap mengawal pelaksanaan Pilkada di Kalsel agar berjalan aman dan damai,” tegas Pangdam VI/Mulawarman saat ditemui para awak media usai kegiatan.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pertemuan dengan para tokoh dari berbagai agama di Banjarmasin, yang diajak untuk berkomitmen menjaga Pilkada yang tenteram di semua lapisan masyarakat.

“Kita mengajak seluruh komponen bangsa yang ada di Kalsel, khususnya para calon kepala daerah dan simpatisan, mari kita laksanakan pesta demokrasi ini dengan kondisi yang aman dan damai, hingga dapat menentukan pemimpin terbaik dan sesuai pilihan masyarakat,” tambah Pangdam.

Arti Forkopimda
Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, SE.,MM.,M.Tr(Han) bersama Forkopimda Kalsel dan Tokoh Lintas Agama

Selain itu, Komando Resor Militer 101/Antasari bersama Kepolisian Daerah Kalsel, juga telah memetakan daerah-daerah rawan akan gangguan keamanan, hingga bersiap melakukan antisipasi yang menyesuaikan situasi dan kondisi.

“Sampai saat ini, secara umun situasinya cukup kondusif dan berjalan sesuai perencanaan,” tutupnya

Sementara itu, para tokoh dari pewakilan berbagai agama, dalam deklarasinya juga siap mendukung Pilkada damai, serta menjaga kesatuan.

“Diharapkan saling menghormati dan menghargai, walau berbeda keyakinan atau pilihan, agar tercipta kehidupan yang rukun dan damai di Banua,” harap Ustaz Sarmiji Asri, Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Banjarmasin, usai bersilaturahmi dengan Pangdam VI/Mulawarman.

Editor : Ahmad MT