Promosikan Produk Unggulan dan Potensi Investasi, Pemkot Banjarmasin Ikuti Indonesia Maju Expo and Forum 2024 di Jakarta

Sekdako Banjarmasin (kanan) bersama Kadisperdagin saat meninjau stand Pemko Banjarmasin

JURNALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – Guna mempromosikan produk unggulan UMKM dan potensi investasi, Pemerintah Kota Banjarmasin mengikuti Indonesia Maju Expo and Forum 2024, di Jakarta Convention Center.

Kegiatan yang digelar Kementerian Dalam Negeri ini diikuti berbagai daerah se-Indonesia, termasuk Banjarmasin, yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Ikhsan Budiman, beserta sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah terkait.

Usai mengikuti pembukaan, Ikhsan menyampaikan, acara ini menjadi salah satu ajang pemerintah daerah mempromosikan berbagai produk bermutu, hingga potensi investasi.

“Kita pamerkan di sini produk sasirangan, kerajinan purun, hingga kita sampaikan berbagai potensi investasi,” ungkap Sekda, Kamis (4/7/24).

Selain itu menurutnya, pada ekspo yang berlangsung selama 4 hari ini, pihaknya juga mengikuti Forum Bisnis dan Coaching Clinic, yang diharapkan memberikan wawasan serta kesempatan jejaring baru untuk memajukan usaha lokal.

“Selain itu kita juga mengikuti fesyen kultur, festival sambal. Ini menjadi penting bagi kita, karena dapat mempertemukan berbagai daerah, bahkan luar negeri, untuk mencari kerja sama apa yang dapat dibangun, atau produk apa yang dibutuhkan, dan siapa yang dapat menyediakannya,” jelas Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ari Yani menyampaikan, pihaknya menginginkan ada investor dari daerah lain yang tertarik untuk membuat industri pendukung produk sasirangan.

“Pewarnaan misalnya, selama ini didatangkan dari Pulau Jawa, kainnya juga, kita harapkan ini bisa ada di daerah kita, sehingga selain lebih mudah dan tentunya lebih murah,” tuturnya.

Selain itu menurut Ari Yani, dengan hadirnya investor yang diharapkan tersebut, dapat meningkatkan kualitas produk hingga perekonomian daerah.

Turut ikut serta pada kegiatan ini Kepala Dinas Komunikasi, Informartika, dan Statistik Windiasti Kartika bersama jajaran yang membawa sejumlah awak media, serta Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Ichrom Muftezar, maupun jajaran terkait lainnya.