Samosir Langsung Terjun ke Lapangan, Tindaklanjuti Keluhan Warga Kelurahan Belitung Utara dan Kuin Selatan

Saut Nathan Samosir, Anggota komisi III DPRD Kota Banjarmasin saat melihat kondisi drainase di kawasan kelurahan Belitung Utara

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Untuk menindaklanjuti hasil resesnya yang terakhir di tahun 2020, di Kecamatan Banjarmasin Barat beberapa hari lalu, Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Saut Nathan Samosir, terjun langsung ke lapangan, untuk melihat lokasi yang menjadi keluhan warga di Kelurahan Belitung Utara, seperti jalan lingkungan di Gang Nusa Indah dan Gang Sariawan, serta sungai yang perlu dilakukan pendalaman di Jalan Belitung Laut, dan drainase di Jalan Simpang Belitung.

“Atas banyaknya keluhan warga, maka hari ini kita coba untuk melihat langsung di lapangan, bagaimana sebenarnya keadaan atau kondisi yang mereka sampaikan, pada saat reses beberapa hari lalu di Kantor Kecamatan Banjarmasin Barat,” tutur Samosir kepada jurnalkalimantan.com di sela kunjungannya, Selasa (03/11/2020).

Samosir nathan
Saut Nathan Samosir ( tengah ) Anggota Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Supian Noor ( kiri ) Ketua RT 04 dan Syafruddin ( kanan ) ketua RT 07 Belitung Utara

Diakui samosir, seperti di Jalan Belitung Laut, tepatnya Gang Sariawan, warga meminta jalan lingkungannya supaya diaspal, karena sudah lama tidak tersentuh perbaikan, di samping itu, warga juga minta pendalaman sungai di kawasan tersebut.

“Kita megharapkan kepada pemerintah melalui dinas terkait, untuk melakukan pemeliharaan rutin terhadap sungai, baik penggalian maupun pembersihan, agar tidak mengalami pendangkalan dan penyempitan, serta jalan gang yang lama tidak tersentuh perbaikan, agar dapat diprioritaskan,” tandas Samosir

Selanjutnya di kawasan Simpang Belitung, ada saluran drainase yang belum tersambung ke sungai, sehingga alirannya tersendat.

“Semestinya pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Banjarmasin dalam membangun sebuah drainase, harusnya tersambung. Tentunya harus berkoordinasi dengan rukun tetangga dan masyarakat setempat terlebih dahulu, jangan dibangun terputus-putus, sehingga terkesan asal-asalan,” imbuh Samosir.

Dirinya juga melanjutkan perjalanan untuk melihat kondisi jalan lingkungan di Gang Tunas Harapan, Kelurahan Kuin Selatan, yang memang selalu terendam apabila hujan datang, dan sangat membahayakan bagi warga sekitar, karena banyak binatang melata yang muncul apabila jalan terendam.

“Kita akan koordinasikan dengan dinas terkait, untuk menyampaikan apa yang menjadi keluhan masyarakat,” ungkap Samosir.

Di sisi lain, Ketua Rukun Tetangga (RT) 04, Supiannoor, dan Ketua RT 07, Syafruddin, di Kelurahan Belitung Utara, mengaku jalan lingkungan di tempat mereka, di Gang Nusa Indah, dengan lebar 1,5 meter dan panjang 100 meter, sudah banyak yang berlubang, hal serupa juga terlihat di jalan Gang Sariawan, yang memiliki panjang 250 meter, dan sudah lama tidak tersentuh perbaikan, untungnya, masih ada swadaya masyarakat.

Sementara Ketua RT 08 Kelurahan Belitung Utara, Muhiddin, juga mengeluhkan pembangunan drainase yang dianggap asal-asalan, karena terputus-putus, tidak tersambung, sehingga sulit untuk membuang air ke sungai. Dan Ketua Rukun Warga 01 Kelurahan Kuin Selatan, Budianoor, mengaku jalan lingkungan di Gang Tunas Harapan juga berlubang, dan sudah hampir 25 tahun belum tersentuh perbaikan.

“Dengan adanya kunjungan Anggota DPRD Kota Banjarmasin ini, kami mengharapkan agar ditindaklajuti, sehingga bisa teratasi permasalahannya dan terealisasi pembangunannya,” harap mereka.

Editor : Ahmad MT