Sekretariat DPRD Kalsel Ambil Alih Dua Kewenangan Tenaga Kontrak

Kabag TU SEKWAN
Riduansyah, Kepala Bagian Tata usaha Sekretariat DPRD Kalsel

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), pada tahun 2021, akan mengelola langsung para tenaga kerja satuan pengamanan (satpam) dan tenaga kebersihan.

Hal tersebut sesuai dengan perubahan penganggaran melalui Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), meskipun ada beberapa komponen yang diserahkan ke pihak ketiga.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Sekretariat DPRD Kalsel, Riduansyah, usai menghadap Ketua DPRD Kalsel bersama Sekretaris DPRD kalsel, Kamis (10/12/2020).

“Persoalan tata kelola tenaga kontrak di Sekretariat DPRD Kalsel ini, sudah kami konsultasikan ke Inspektorat dan Badan Keuangan Daerah Kalsel,” jelas Riduansyah, di ruang kerjanya.

Dari konsultasi tersebut, diperoleh hasil, bahwa selama tidak melanggar aturan dan sesuai dengan anggaran yang diusulkan, maka hal tersebut dapat dilaksanakan.

Perihal yang diambil alih oleh Sekretariat DPRD Kalsel, adalah pengelolaan gaji, sedangkan untuk penyediaan bahan kebersihan dan bahan keamanan, tetap dilakukan oleh pihak ketiga.

“Adapun rinciannya, adalah 40 orang untuk satpam, dan 35 tenaga kebersihan,” urai Riduansyah.

Di samping itu, para tenaga honor ini tidak mendapatkan tunjangan hari raya, dan gajinya tidak mengacu upah minimum propinsi.

Editor : Ahmad MT