Unggul 5-3, Selebrasi Gol Timnas Australia di AFF U16 Dapat Sorotan

Keterangan : pelatih timnas U16 Indonesia, Nova Arianto (sumber Instagram @novarianto30)

JURNALKALIMANTAN.COM, SOLO – Selebrasi usai cetak gol yang dilakukan pemain timnas Australia dalam pertandingan melawan Indonesia pada Senin (01/07) malam lalu, dinilai terlalu berlebihan.

Dalam pertandingan semifinal Piala AFF U16 2024 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, timnas Australia unggul 5-3 atas Indonesia.

Selebrasi yang dinilai berlebihan karena dinilai memprovokasi suporter timnas Indonesia yang hadir di stadion.

Tak hanya satu kali, tapi dilakukan tiap kali gol dicetak oleh pemain timnas Australia.

Bahkan kejadian itu juga mendapatkan teguran dari wasit, Koji Takasaki.

Namun pelatih timnas U16 Indonesia, Nova Arianto, mencoba melihat dari sudut pandang lain dan menganggap selebrasi tersebut tergolong wajar dilakukan.

“Itu harus jadi pelajaran untuk pemain. Bagaimana bisa merasakan, seandainya kami kemasukan gol atau kami bisa mencetak gol atau seperti apa,” tutur Nova saat konferensi pers usai pertandingan.

Ia juga berulang kali menyampaikan bahwa Timnas Garuda Muda masih dapat memetik pelajaran selama laga berlangsung untuk membuat performa tim menjadi lebih baik lagi.

Termasuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dinilai tidak perlu karena dapat berimbas pada turunnya performa permainan dan berujung pada pelanggaran.

“Kami mendapatkan kartu merah, ini membuat jalannya pertandingan seperti berbeda,” tambahnya.

Kendati demikian, Ia mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada para pemain yang sudah berjuang maksimal, meskipun hanya dengan 10 orang.

Dengan kekalahan dari timnas Australia, Indonesia harus berjuang menghadapi Vietnam untuk bersaing memperebutkan peringkat ketiga pada Rabu (03/07).

(Viz)