Unilever Indonesia Dukung Ribuan Masyarakat Kalsel Jalani Ramadhan dengan Lebih Bersih, Sehat dan Berdaya

JURNALKALIMANTAN.COM,BANJAR– Memasuki bulan suci Ramadhan, Unilever Indonesia, melalui brand-brandnya, melakukan edukasi perilaku hidup bersih sehat, termasuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan gratis, dukungan kebersihan masjid, donasi bahan pangan, hingga rangkaian kelas upskilling, melibatkan ribuan santri, santri putri, serta masyarakat di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Berbagai rangkaian kegiatan yang digelar bertujuan untuk membantu masyarakat setempat agar lebih siap dalam menjalani bulan Ramadhan.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia Nurdiana Darus mengatakan, Bulan Ramadhan merupakan momen penting dimana umat Muslim berusaha untuk meningkatkan ibadah mereka secara maksimal.

Sebagai Provinsi dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di Pulau Kalimantan, dukungan yang optimal tentu penting bagi masyarakat di wilayah ini, agar mereka dapat menjalankan ibadah dengan nyaman.

“Untuk itu, kami serta bermitra dengan sejumlah pihak makukan kegiatan ini agar manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak orang. Harapannya, rangkaian kegiatan ini dapat menjadi bekal masyarakat Kalimantan Selatan, dalam menjalani ibadah di bulan yang penuh berkah.” Ujar Nurdiana melalui siaran persnya, Kamis (21/3).

Dalam menjalankan serangkaian inisiatifnya di Kalimantan Selatan, Unilever Indonesia berkolaborasi dengan lembaga-lembaga terkemuka, diantaranya Kementerian Agama, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS), hingga Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Kegiatan tersebut turut mendapat dukungan dan apresiasi dari Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, H Ahmad Sawiti.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Unilever Indonesia dengan diadakannya program ini dan diharapkan diterapkan lebih luas lagi, tidak hanya berjalan di 1 atau 2 pesantren, tapi lebih merata lagi,” ucap Sawiti.

Di bidang kesehatan dan kebersihan, Unilever Indonesia melalui brand Lifebuoy dan Pepsodent menggelar sejumlah program edukasi dan perawatan kesehatan yang menjangkau 700 santri di Pondok Pesantren Darussalam Martapura, Kota Banjarbaru.

Kegiatan yang melibatkan kedua brand ini meliputi edukasi dan pemeriksaan kesehatan gratis, guna meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan santri oleh brand Lifebuoy.

Adapun brand Pepsodent, memberikan edukasi terkait perawatan kesehatan gigi dan mulut, serta perawatan gigi gratis kepada para santri.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, Kalimantan Selatan masuk dalam tiga besar daerah dengan masalah gigi dan mulut tertinggi di Indonesia, dengan penyakit gigi berlubang menjadi masalah yang paling banyak didapati.

Pimpinan Darussalam Martapura, KH Ahmad Tarhib menjelaskan, acara yang digelar saat Ramadhan 1445 H di ponpesnya sangat tepat, baik dari segi waktu maupun programnya.

“Momen ini sangat pas diadakan saat Ramadhan, jadi mengingatkan kita akan kebersihan, baik secara jasmani maupun rohani. Namun, kebersihan tersebut harus dijaga setiap hari, tidak hanya pada saat bulan Ramadhan. Dengan memberikan edukasi cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, harapannya anak-anak santri kita akan lebih dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya sekalipun tengah berpuasa,” jelas Tarhib.

Selain itu upaya pemberdayaan untuk perempuan, khususnya santri putri, juga dilakukan Unilever Indonesia melalui program #AksiCantik dari brand Sunsilk, Citra, dan Glow & Lovely, berupa serangkaian kegiatan womenpreneur, women education dan craftpreneur.

Program ini diikuti oleh 600 santri putri dari Pondok Pesantren Al Hikmah Kelayan Banjarmasin, yang mendapatkan pembekalan soft skill dan hard skill yang dibutuhkan dari para narasumber ahli.

Sementara terkait kebersihan lingkungan, Unilever Indonesia melalui 5 (lima) brand-nya yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso dan Molto memperkuat kemitraan dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam menggelar program “Gerakan Masjid Bersih 2024” yang bertempat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Kegiatan ini melibatkan lebih dari 150 relawan yang melakukan pembersihan area masjid, guna mempersiapkan masjid agar lebih bersih dan higienis di bulan Ramadhan.

Kegiatan ini diharapkan akan memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra bagi lebih dari 1.500 jamaah yang berkunjung setiap harinya ke masjid tersebut untuk beribadah atau berkumpul.

Mendukung masyarakat yang lebih luas dalam menyambut Ramadhan, Unilever Indonesia melalui brand Bango dan Royco bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan 1.100 paket sembako kepada kaum duafa di wilayah Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan akses pangan bagi kelompok rentan yang terdampak secara ekonomi.

Sebelumnya, Unilever Indonesia telah mempertegas keseriusannya dalam mendukung kesejahteraan komunitas muslim melalui komitmen kolaborasi jangka panjang serta penyaluran donasi kemanusiaan melalui kemitraan dengan berbagai lembaga sosial terpercaya, di antaranya NU Care-LAZISNU (lembaga filantropi di bawah naungan Nahdlatul Ulama), Lazismu (lembaga sosial di bawah naungan Muhammadiyah) dan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional). Total bantuan senilai 6 miliar telah disalurkan untuk membantu korban di area konflik.