Ada 6.000 Anak Putus Sekolah, Habib Ahmad Bahasyim: Komisi IV Siap Bekerja Sama Melakukan Tindakan

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Sepanjang 2023, anak putus sekolah di Kota Banjarmasin ternyata mencapai ribuan, hingga pemerintah melalui Dinas Pendidikan melakukan tindakan. Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel Habib Ahmad Bahasyim, berharap angka anak putus sekolah bisa terus menurun.

“Saya berharap anak putus sekolah di Kalsel khususnya Banjarmasin terus menurun setiap tahun,” ucap politikus Partai Demokrat tersebut, Jumat (08/12/2023).

Oleh karena itu Habib menegaskan, Komisi IV dan Pemerintah Provinsi Kalsel akan terus bekerja sama dalam menangani persoalan ini.

“Setiap anak berhak memiliki kesempatan yang setara untuk memperoleh pendidikan berkualitas tanpa terkendala apapun. Pendidikan menjadi modal terciptanya SDM unggul,” tegasnya.

Menurut Habib, peningkatan dan pemerataan akses pendidikan harus terus dilakukan oleh Pemprov Kalsel.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Banjarmasin, sepanjang tahun 2023 ada 6.000 peserta didik putus sekolah dari jenjang SD hingga SMA.

Sebagian besar dilatarbelakangi permasalahan keluarga, ekonomi, dan lainnya.

“Anak-anak adalah generasi penerus bangsa dan negara, apabila mereka tidak memiliki pendidikan, bagaimana masa bangsa ini ke depan,” ungkap Habib.

Ia pun berharap persoalan ini bisa ditangani serius, baik dari pemerintah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

(YUNN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *