Astaghfirullah, Ada yang Membuang Bayi di Tumpukan Sampah, Bertahan Hidup Terendam Air Setengah Badan

Lokasi temuan bayi

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Warga Kompleks Mutiara RT 22 Kelurahan Telaga Biru, Kecamatan Banjarmasin Barat, digegerkan temuan bayi sekira pukul 06.50 WITA, Ahad (30/6/2024).

Bayi tersebut ditemukan di atas tumpukan sampah, di belakang rumah warga, dalam kondisi tanpa busana.

Warga setempat, Muhammad Alfian mengatakan, dirinya mengetahui temuan tersebut dari tetangganya yang pertama kali menemukannya.

“Jadi, tadi itu tetangga saya yang pertama kali melihat, lalu memanggil warga, dan kami pun juga keluar untuk mencari tahu kebenarannya,” ujar Alfian, di lokasi temuan.

Saat dilihat, ternyata memang ada bayi yang berada di atas sampah, dan badannya terendam air setengahnya.

Alfian memaparkan, sebelumnya sekitar pukul 04.30 WITA, saat menantunya buang air kecil, sempat ada mendengar isak tangis bayi, namun tidak dia hiraukan.

“Saat itu dia sempat mendengar suara tangisan bayi, namun tidak terlalu keras, dan juga dia mengira mungkin itu anak tetangga sekitar yang baru melahirkan,” papar Alfian.

“Kemudian sampai dengan pagi harinya, ada tetangga yang menemukannya, barulah diketahui kalau itu bayi yang dibuang ke situ,” lanjutnya.

Melihat hal tersebut, Alfian bersama warga langsung mencoba mengevakuasi bayi tersebut.

“Pas tahu, langsung kita evakuasi ke RS TPT (Tempat Perawatan Tentara) saja, karena kondisinya sudah lama terendam air di antara tumpukan sampah itu,” kata Alfian.

“Kalau umurnya saya juga belum mengetahui secara pasti, namun kalau dilihat-lihat itu baru saja dilahirkan, karena melihat dari tali pusarnya yang baru dipotong dan masih mengeluarkan darah,” sambungnya.

Untuk saat ini, bayi tersebut masih menjalani perawatan lebih lanjut oleh pihak medis.

“Untungnya bayinya cukup kuat bertahan, makanya masih hidup, setelah ditimbang tadi beratnya kurang lebih 3,7 kg,” pungkasnya.