Besok Ada Pelatihan Bersama Bunda Literasi Kalsel, Bisa Diikuti Luring dan Daring

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Guna mendorong peran berbagai pihak serta masyarakat dalam meningkatkan minat baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pelatihan bersama Bunda Literasi Kalsel, yang bisa diikuti luring maupun daring.

Menghadirkan narasumber yang luar biasa, kegiatan ini akan berlangsung Kamis (8/12/2022), di salah satu hotel di Banjarmasin.

Di antara pematerinya yakni Bunda Literasi Kalsel Hj. Fathul Jannah Muhidin, yang merupakan istri Wakil Gubernur, yang juga Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, serta Ketua Badan Kerja Sama Organisasi Wanita Kalsel.

Selain itu, juga ada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel Faried Fakhmansyah, kemudian Hajriansyah pegiat literasi yang juga seorang dosen, Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarmasin, ditambah Shely Nova Khareza yang merupakan Duta Baca Kabupaten Tanah Laut.

“Dengan demikian, keberadaan beliau sebagai Bunda Literasi diharapkan mampu menjadi _role model_ dalam mendongkrak minat baca di Banua. Selain juga peran Dinas PMD sangat diharapkan terhadap tumbuh kembang minat baca di desa-desa, dan juga peran semua pihak tentunya,” ungkap Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani Dardie, melaui siaran persnya, Rabu (07/12/2022).

Gelaran ini bakal diikuti Bunda Literasi kabupaten/kota, perwakilan Kepala Dispersip 13 kabupaten/kota, Ketua TP PKK kabupaten/kota, Duta Baca, serta penggiat literasi.

“Mengingat dari 13 kabupaten/kota, baru Hulu Sungai Tengah dan Tanah Bumbu yang telah memiliki Bunda Literasi. Harapannya nanti semua daerah dapat memiliki,” tambah Bunda Nunung (sapaan akrab Kepala Dispersip Kalsel).

Kegiatan ini dapat diikuti melalui Zoom dengan meeting ID 895 4394 7975 dan Passcode ID literasi22, atau disaksikan di kanal Youtube Dispersip Kalsel https://www.youtube.com/@DispersipProvkalsel.

Agenda ini banyak mendapat respons positif dari pegiat literasi, hingga pustakawan dari luar Kalsel.

“Siapp mengkuti virtual,” tulis Kadispersip Kota Depok Siti Chairijah Aurijah, melalui pesan WhatsApp.

Bahkan dari Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI mengatakan siap mengikuti kegiatan ini.

“Keren bu, saya bagikan yaa,” ucap Titiek Kismiyati Pustakawan Utama Perpusnas RI.

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan kerja sama dengan pemerintah pusat, yang dibiayai Perpusnas RI.

Editor : Achmad MT