Hadapi Musim Libur Sekolah, PT DLU Siapkan 2 Kapal

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Masa libur sekolah telah tiba. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk mengunjungi sanak keluarga sekaligus tempat wisata yang ada di Pulau jawa.

Oleh karena itu, PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Banjarmasin telah menyiapkan dua kapal, yakni KM Darma Rucitra I dan KM Darma Kartika 9.

“Sudah berjalan satu minggu ini. Penumpang kita mencapai 80% dari kapasitas 600 (sekitar 400 orang),” ungkap Anton Wahyudi selaku Manager Cabang PT DLU Banjarmasin, saat ditemui di kantornya, Rabu (29/6/2022) siang.

Diakuinya, tahun ini memang minat masyarakat untuk membawa mobil sendiri menggunakan kapal laut sangat tinggi, berbeda dengan tahun sebelumnya.

Anehnya, lanjut Anton, justru penumpang yang membawa sepeda motor yang berkurang hingga 60%.

“Angkutan mobil pun mengalami kenaikan hingga 100% dibandingkan tahun sebelumnya, dengan kapasitas kapal untuk truk sampai 65 dan mobil bisa 150 unit,” jelasnya.

Adapun harga tiket penumpang saat ini, tambah Anton, memang ada penyesuaian, mulai dari Rp350.000,00 untuk kelas ekonomi, dan VIV Rp550.000,00. Sedangkan untuk mobil mulai dari Rp2.155.000,00 dan motor mulai dari Rp481.000,00.

“Meski mengalami penyesuaian, harga tiket yang kami tawarkan masih tergolong kompetitif dibandingkan pesawat terbang, dengan berbagai fasilitas yang disediakan selama perjalanan,” imbuhnya.

Terkait fasilitas kapal, tambah Anton, untuk KM Dharma Rucitra I memiliki kelas VIV untuk 2 orang dengan kamar mandi di dalam, kelas I untuk 4 orang, dan kelas III untuk 3 orang.

(Saprian)