Indonesia Berhasil Melaju ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan Putaran Final Piala Asia 2027

Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai cetak gol pertama ke gawang Filipina (Foto : PSSI)

JURNALKALIMANTAN.COM,JAKARTA – Setalah sukses mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 pada laga terakhir Grup F Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, sekaligus putaran final Piala Asia 2027 di Arab Saudi.

Dua gol Skuad Garuda dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho menit ke-56.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berada di posisi runner-up Grup F dengan mengemas 10 poin dari 6 pertandingan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong merasa puas atas kemenangan anak asuhnya, walau Dia menyebut pertandingan itu tidak mudah, apalagi pertahanan Filipina cukup kokoh hingga 30 menit babak pertama.

“Berkat kerja keras pemain di lapangan, kita bisa mencetak sejarah baru dan kita akhirnya lolos ke ronde ketiga jualifikasi Piala Dunia 2026,” ungkap Shin Tae-yong, dikutip pada laman resmi PSSI.

Ia sadar bahwa di putaran tiga nanti tim-tim yang akan dihadapi oleh timnas Indonesia akan jauh lebih kuat. Asnawi Mangkualam berpotensi bertemu raksasa-raksasa Asia, seperti Australia, Jepang, Iran, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi, dan lain-lainnya.

“Memang kami sudah lolos ke ronde tiga, dan tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi tim kami berada di ranking 134. Jadi bisa dibilang kita tim yang paling lemah. Tapi saya akan tetap berusaha mencapai mimpi saya dan kami tidak akan mudah menyerah. Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin (di putaran tiga),” tukas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersyukur atas pencapaian timnas Indonesia. Namun dirinya berpesan kepada tim agar tidak berpuas diri dan perjuangan masih panjang.

“Malam ini, timnas Indonesia baru saja mengukir sejarah dengan format FIFA yang terbaru. Kita berhasil lolos ke babak ketiga dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus mengamankan posisi untuk Piala Asia 2027 mendatang,” kata Erick Thohir.

Menurutnya jni merupakan batu loncatan bagi prestasi timnas Indonesia, berkat doa dan dukungan seluruh pecinta sepak bola Indonesia serta ridho dari Allah SWT.

“Babak berikutnya akan jauh lebih menantang, namun Insya Allah kami percaya bahwa ikhtiar tidak akan mengkhianati hasil. Bismillah, mari kita kawal Timnas Indonesia terbang mendunia,” pungkasnya.