Juara 1 Lomba SDGs Desa Tahun 2024 Regional Kalimantan, Desa Ilung HST Go Nasional

Ucapan Selamat dari Bupati HST atas prestasi desa Ilung Kecamatan Batang Alai Utara yang menjadi Juara 1 Regional Kalimantan Lomba SDGs Desa 2024

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI TENGAH – Desa Ilung, Kecamatan Batang Alai Utara (Batara), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), meraih prestasi Juara Pertama Lomba SDGs (Sustainable Development Goals) atau pembangunan berkelanjutan regional Kalimantan, yang digelar Kementerian Desa (Kemendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Hal tersebut sesuai dengan Pengumuman dari Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kementrian Desa, PDTT RI nomor 254/PRI.05.VI/2024 tentang Penetapan Hasil Seleksi Tahap Empat, Lomba SDGs Desa Tahun 2024.

Daftar Desa yang Bakal Mengikuti Seleksi Tahap 5 untuk Memperebutkan Juara Nasional SDGs Desa 2024.

Ada dua desa di Kabupaten HST yang mewakili Kalimantan Selatan lomba SDGs Regional Kalimantan, yakni desa Ilung dan desa Pandawan yang mengikuti seleksi tahap 4 untuk memperebutkan juara 1 regional Kalimantan.

Pada tahap empat tersebut, desa Ilung Kecamatan Batara menjadi juara 1 dan desa Pandawan Kecamatan Pandawan menjadi juara 3 regional Kalimanatan.

Dengan hasil tersebut desa Ilung Kecamatan Batara dipastikan akan mengikuti seleksi tahap 5 (verifikasi lapangan) untuk memperebutkan juara nasional lomba SDGs Desa Tahun 2024.

Camat Batara, H Budi Haryanto mengatakan, sesuai petunjuk pelaksanaan Lomba SDGs Desa 2024 memfokuskan goals 1, 2, 3, 4, 8 dan 13, sebagai bagian dari kriteria penyeleksian dalam menentukan Desa yang dinilai mempunyai keberhasilan dalam mengimplementasikan SDGs Desa dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, sehingga tema yang diusung adalah “Pemanfaatan Dana Desa dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui Implementasi SDGs Desa.”

“Alhamdulillah Desa Ilung mendapat Juara 1 SDGs Desa Regional Kalimantan, dan melaju ke tingkat Nasional,” jelas Budi pada Sabtu (15/6/2024)

Budi mengucapkan terima kasih atas pendampingan, dukungan, inspirasi, fasilitasi, pembinaan kepada seluruh pihak yang mensuport hingga Desa Ilung meraih Juara 1 Regional Kalimantan, serta terima kasih atas arahan dan petunjuk dari Bupati HST, H Aulia Oktafiandi.

Budi juga mengharapkan pendampingan, dukungan, inspirasi, fasilitasi, pembinaan dan support dari semua pihak kepada desa Ilung dalam menghadapi seleksi tahap lima, yang kemungkinan ditanggal 20 Juni 2024, dengan agenda verifikasi lapangan untuk merebutkan Juara Nasional lomba SDGs Desa Tahun 2024.

Sementara itu, Bupati HST H Aulia Oktafiandi mengucapkan rasa syukur dengan prestasi dua desa di wilayahnya.

“Alhamdulillah salah satu desa kita yakni desa Ilung menjadi juara 1 Regional Kalimantan dan akan melaju ketingkat Nasional,” ungkap Aulia.

Bupati turut meminta dukungan kepada semua pihak untuk desa Ilung dalam penghadapi seleksi tahap 5 verifikasi lapangan. Ia juga mengapresiasi keberhasilan Desa Pandawan dalam melakukan pembangunan desa yang berkelanjutan sesuai SDGs.

Aulia juga berharap, keberhasilan yang diraih oleh Desa Ilung dapat menjadi motivasi bagi desa lain di Kabupaten HST untuk terus mengembangkan kemajuan desa yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat. (Rz)