Kabupaten HST Menuju Eradikasi Frambusia

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI TENGAH – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berupaya penuh mewujudkan Daerahnya terbebas dari penyakit Frambusia, atau penyakit kulit kronis yang dapat menular melalui kontak erat dengan penderita.

Berdasarkan hasil tahapan asesmen Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), HST memperoleh nilai 85.05 atau kategori A bebas Frambusia. Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinkes HST, H Mursalin belum lama tadi di ruang kerjanya, Kamis (14/09/2023).

Dalam tahapan asesmen itu, ada beberapa format yang mesti diisi, seluruhnya sudah dilaksanakan Dinkes HST, yang melibatkan lintas sektor dan program.

“Tinggal menunggu hasil dari tim Asesmen Kemenkes RI melalui Subdit penyakit menular P2 Frambusia hari ini,” jelasnya Mursalin.

Jauh sebelum asesmen Eradikasi Frambusia, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya, untuk terbebas dari Frambusia, diantaranya penyuluhan kepada masyarakat dan deteksi dini, dengan sasaran anak-anak usia sekolah.

“Dengan berbagai upaya dan langkah kongkret kami berharap HST menjadi salah satu Kabupaten yang terbebas dari Frambusia,” jelasnya.

Sementara itu, Komite Ahli Frambusia Kemenkes RI, Abdur Rahim mengatakan agar semua daerah di Indonesia terbebas dari penyakit Frambusia semua pihak harus turut membantu.

“Tidak mungkin hanya pihak kesehatan yang melaksanakannya, tetapi mesti didukung lintas program, lintas sektor, pemerintah daerah. Semuanya harus bergerak bersama-sama,” bebernya

Kendati demikian, Abdur menekankan bahwa lini terdepan Eradikasi Frambusia ialah pihak Puskesmas.

“Surveilans diharapkan bersungguh-sungguh mengidentifikasi kasus-kasus yang mirip Frambusia. Kami ingin pastikan apakah memang Frambusia atau bukan. Kemudian kita periksa jika itu negatif, maka dapat mengklaim bahwa wilayahnya bebas dari Frambusia,” tutupnya.

Setelah melaksanakan asesmen di Aula Dinkes HST, tim Asesmen Eradikasi Frambusia dari Kemenkes RI melanjutkan kegiatan ke Puskesmas Pandawan untuk pengambilan sampel. (Rz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *