Kampanyekan Gemarikan, Bupati Aulia: Jadikan Ikan Menu Utama

Bupati HST mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi ikan dalam agenda Kampanye Gemarikan di desa Kayu Rabah, Kecamatan Pandawan

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI TENGAH – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, mampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Desa Kayu Rabah, Kamis (13/6/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati H Aulia Oktafiandi, Ketua Tim Penggerak PKK, para Kepala SKPD, Camat, masyarakat sekitar dan undangan lainnya.

Bupati menyampaikan, ikan adalah sumber protein yang sangat baik dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, higa mengandung protein berkualitas tinggi, asam lemak omega-3, vitamin, serta mineral yang sangat penting untuk menjaga Kesehatan dan pertumbuhan anak-anak.

“Mari kita bekerja sama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas konsumsi ikan di masyarakat. Mari kita jadikan ikan sebagai pilihan utama dalam menu makanan sehari-hari. Dengan demikian, kita tidak hanya menjaga kesehatan kita, tetapi juga turut mendukung perekonomian daerah kita,” ucapnya.

Masyarakat desa Kayu Rabah saat mengkonsumsi makanan menu ikan bersama Bupati HST, H Aulia Oktafiandi

Aulia menyebut dengan meningkatkan konsumsi ikan dapat memperbaiki gizi masyarakat, terutama bagi anak-anak yang membutuhkan asupan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

“Kampanye gemarikan ini juga menekankan pentingnya pemasaran yang efektif. Pada era digital ini, kita perlu memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk-produk perikanan kita,’’ katanya.

Aulia berharap kegiatan ini dapat menjadi titik awal bagi kita semua untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Aulia juga mengajak masyarakat untuk terus berlatih, belajar, dan mengimplementasikan pengetahuan yang telah kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua. Mari bersama kita meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengonsumsi ikan untuk kualitas hidup yang lebih sehat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Muhammad Afni Hidayat mengatakan, Pemkab HST mengadakan Kampanye Gemarikan bertujuan agar memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuknya generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

“Kampanye Gemarikan ini juga memberikan Informasi dan motivasi kepada Masyarakat untuk memilih Protein Hewani dari ikan dibanding protein hewani lainnya,” jelasnya

Afni menegaskan, kegiatan kampanye Gemarikan ini bisa meningkatkan wawasan masyarakat tentang kandungan gizi pada ikan, cara memilih ikan yang segar dan bebas bahan berbahaya, serta tidak menggunakan alat tangkap ikan yang dilarang.

Agenda kampanye Gemarikan tersebut juga dirangkai dengan kegiatan makan ikan bersama Masyarakat desa Kayu Rabah Kecamatan Pandawan. (Rz)