Kunjungan Pertama Kepala Anjungan Kalsel TMII ke Perpustakaan Palnam: Menghanyutkan

Kepala Anjungan Kalsel TMII
Kepala Anjungan Kalsel TMII Jakarta Mumun Amuntaiarni (tengah) di taman bermain anak Perpustakaan Palnam

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN Gaung promosi dan perkembangan literasi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menyebar luas sampai ke pusat Ibu Kota Indonesia Jakarta, hingga membuat banyak yang ingin berwisata literasi ke pusat sumber ilmu pengetahuan ini, seperti halnya Kepala Anjungan Kalsel di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Mumun Amuntaiarni,

Pada akhir pekan sebelum bertolak kembali ke Jakarta, bersama keluarga kecilnya, ia sengaja mampir ke perpustakaan di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, di Jalan A. Yani Kilometer 6 Banjarmasin.

“Sebelum kembali, saya terbersit untuk mengunjungi Perpustakaan Palnam yang dalam pemberitaan sudah mengalami perubahan revolusioner, sekalian ingin bersilaturahmi dengan Kadisnya yang luar biasa, ternyata tidak salah,” ungkapnya usai kunjungan, Sabtu (15/02/2022).

Saat melangkahkan kaki memasuki kompleks gedung sumber ilmu itu, ia mengaku langsung disambut pemandangan yang menarik, warna-warni menyiratkan semangat, kemudian diterima 2 anak muda yang ramah.

“Pertama melihat saya merasa terkesan dengan ornamen ukiran yang menghiasi pintu masuknya, melambangkan nilai luhur budaya Banjar, sama dengan ukiran yang menghiasi Rumah Banjar Bubungan Tinggi tempat saya bekerja,” tuturnya.

Kemudian saat memasuki ruangan, udara yang sejuk, suasana serasi, rapi, dan bersih, membuat hanyut dirinya.

“Dapat dilihat dan dirasakan bagaimana para pelajar dan mahasiswa sedang memanfaatkan fasilitas ini dengan nyaman, hingga dapat mengexplore buku-buku yang ada,” ungkapnya.

Fasilitas tanam baca dan bermain juga dirasanya sangat nyaman, seakan ingin berlama-lama.

“Kebetulan bawa cucu dan keponakan, hingga mereka berlarian ke sana kemari dan bermain, terasa semakin lengkap. Sayang waktunya tidak banyak, sehingga harus segera menuju bandara kembali. Di lain waktu saya ingin kembali ke sana dan menggali lebih dalam lagi kemajuan yang luar biasa,” tukasnya.

Editor : Ahmad MT