Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Jalani Program Kampus Mengajar di SD IBS Cindai Alus

Universitas Ahmad Dahlan
Rini Maulida (kanan berdiri) melakukan kegiatan calistung (baca, tulis, dan hitung)

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJAR Rini Maulida Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, mendapat kesempatan menjadi bagian dari Program Kampus Mengajar Angkatan 2 di SD Islamic Bilingual Science (IBS), di Jalan Batung RT 002 RW 001 Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

Untuk mendapat kesempatan menjadi bagian dari program terobosan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi RI ini, Rini harus ikut seleksi yang ketat.

“Alhamdulillah, ulun bersyukur bisa diberikan kesempatan menjadi bagian dari Program Kampus Mengajar mewakili UAD, sehingga saya bisa mengembangkan wawasan dan soft skill, terlebih sekolah tempat penugasan juga masih satu kabupaten dengan tempat tinggal ulun,” ungkapnya.

Bersama 5 mahasiswa lain, Rini sudah berpartisipasi hampir 5 bulan dalam program ini sejak Agustus lalu, yang nantinya akan dikonversikan ke beberapa mata kuliah, termasuk Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Sd ibs cindai Alus
Rini Maulida ( kanan berkacamata) bersama 5 mahasiswa yang menjalani kampus mengajar berfoto dengan murid kelas I SD IBS Cindai Alus

Mahasiswi Jurusan Psikologi ini membagi ilmu kepada siswa-siswi yang duduk di bangku kelas IA dan IB, melalui kegiatan calistung (baca, tulis, dan hitung).

Selama penugasan, perempuan kelahiran 1999 ini mengaku sangat menikmati segala prosesnya, dan tidak mengalami kesulitan berarti, walaupun pada mulanya harus beradaptasi.

“Untuk kesulitan hampir tidak ada, walaupun ini pertama kali. Namun, karena saya lahir dari keluarga yang punya back ground pendidikan, jadi bisa lebih mudah lah,” ungkapnya

Selain terfokus pada program jurusannya, ia juga terus menyosialisasikan pencegahan Covid-19.

“Saya bersama teman-teman Program Kampus Mengajar Angkatan 2 lainnya selalu mengingatkan kepada siswa-siswi di sini, tentang cara hidup yang benar agar terhindar dari virus corona, yaitu seperti mencuci tangan yang benar, menggunakan masker saat keluar rumah, dan menggunakan disinfektan atau hand sanitizer untuk benda yang sering dipegang,” tutupnya.

HRM / Ahmad MT