Masuk Top 6 Nasional Kinerja Terbaik Pelayanan Publik, Pemkab HST Terima Apresiasi Pemprov Kalsel

Wakil Bupati HST, H Mansyah Sabri saat menerima penghargaan apresiasi dari Pemprov Kalsel yang diserahkan langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI TENGAH – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terima apresiasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam indeks Pelayanan Publik Tahun 2023 kategori PRIMA (4,52).

Apresiasi ini diserahkan langsung oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, kepada Wakil Bupati HST, H Mansyah Sabri, dalam acara Rapat Koordinasi Pelayanan Publik se-Kalsel tahun 2024, di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Selasa (21/5/2024).

Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 795 Tahun 2023, tentang Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten HST masuk peringkat ke enam kinerja terbaik Penyelenggaraan Pelayanan Publik tingkat Kabupaten/Kota secara Nasional.

Dalam Hasil nilai PEKPPP lingkup Pemerintah kabupaten HST, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) memperoleh indeks 4,46 (A-), Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dengan indeks 4,42 (A-), dan RSUD H Damanhuri Barabai dengan indeks 4,67 (A), Nilai indeks rata-rata Pemerintah Kabupaten HST adalah 4,52 (A).

Atas capaian tersebut, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten HST sebagai Kabupaten dengan Indeks Pelayanan Publik kategori PRIMA.

Wabup HST, H Mansyah Sabri foto bersama dengan jajaran Pemkab HST usai menerima penghargaan dari Pemprov Kalsel

Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalsel terus berkomitmen untuk melaksanakan reformasi birokrasi secara konsisten dan berkelanjutan.

“Komitmen kami adalah dengan memberikan apresiasi dan penghargaan pada instansi yang sudah berprestasi dengan memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan berinovasi,” katanya

Gubernur mengajak pada seluruh peserta Rakor untuk senantiasa berkomitmen pada tujuan yang sama, yaitu mencapai demokrasi yang bersih, efektif dan berdaya saing dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati HST, H Mansyah Sabri didampingi Inspektorat, Kepala Bappelitbangda dan Kabag Organisasi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kerja sama dan dukungan semua pihak.

Mansyah Sabri menyebut, apresiasi itu menjadikan Kabupaten HST sebagai Kabupaten dengan kinerja penyelenggaraan pelayanan publik terbaik se-Kalimantan Selatan Tahun 2023, dan nomor enam terbaik tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia.

“Diraihnya prestasi membanggakan ini tak terlepas dari kinerja maksimal aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten HST, juga peran berbagai pihak yang telah memberikan dukungan,” kata Mansyah Sabri

Mansyah Sabri pun berharap, diraihnya penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi Pemkab HST untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Terimakasih untuk semua pihak yang berperan dalam pelayanan publik. Apa yang sudah kita capai harus dipertahankan dan senantiasa meningkatkan kualitas layanan agar dapat dirasakan oleh masyarakat,” tutup Mansyah Sabri. (Rz)