Momentum Sumpah Pemuda, KFC Coffee Berupayakan Satukan Gen Z dan Boomers

JURNALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – KFC Indonesia melalui unit bisnisnya, KFC Coffee, sejak awal kehadirannya telah berkomitmen menjadi tempat kumpul bagi semua generasi. 

Oleh karenanya, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2022, KFC Coffee menggelar kampanye bertajuk ‘Pour it All Out/Obrolin Semua’, yang mengandaikan dua generasi yang selama ini dikenal paling berjarak, yakni Boomers dan Gen Z bisa saling berdamai.

“Kita melihat bagaimana dua generasi ini sering bergesekan dari waktu ke waktu, baik di media sosial maupun di dunia nyata. Kami pikir permasalahannya ada di ‘ketidaksalingpahaman’ di antara mereka. Kami bayangkan, bagaimana jika dua generasi tersebut duduk bersama untuk saling bicara dan memahami. Dan di saat situasi seperti ini, kehadiran kopi selalu dapat ditemui di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia,” kata Eric Leong, Chief Executive Officer PT Fast Food Indonesia Tbk melalui siaran persnya, Jumat (28/10/2022).

“Kami pikir, KFC Coffee merupakan tempat yang pas untuk mewujudkannya,” sambungnya.

Dalam ‘Pour it All Out/Obrolin Semua’, menjadikan audio sebagai materi utama kreatif kampanyenya. 

Ada dua versi audio yang merupakan pembacaan atas surat dari Gen Z untuk Boomers dan surat dari Boomers untuk Gen Z. Meski kedua surat ini terkesan terhubung, namun masing-masing surat bisa berdiri secara independen. 

Selain audio, KFC Coffee juga mengamplifikasi kampanye ini lewat materi cetak yang merupakan transkripsi dari format audio dan dipasang di beberapa gerai, media luar ruang, hingga video digital.

“Momen Sumpah Pemuda menjadi waktu yang tepat untuk menginisiasi kampanye ini. Karena kita tahu, setiap generasi pernah muda dan setuju untuk selalu bersatu demi Indonesia,” tutup Eric.

Selama 43 tahun berkiprah di industri restoran cepat saji Indonesia, saat ini KFC memiliki 729 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia dengan mempekerjakan lebih dari 16.000 karyawan. 

Sebagai restoran berslogan ‘Jagonya Ayam’, KFC selalu menggunakan daging ayam dengan kualitas unggul yang diambil dari tempat pemotongan yang selalu dijaga dan diawasi prosesnya, sehingga ayam yang dihasilkan lebih terjamin higienis dan sehat. 

Semua bahan baku dan produk yang disajikan KFC juga sudah mendapat sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia, dan proses produksi para pemasok bahan KFC terus diawasi oleh pihak Quality Assurance KFC.

Pada tahun 2020, PT Fast Food Indonesia membuka gerai tematik pertamanya dengan konsep lifestyle dining dan salad bar bertajuk KFC Naughty by Nature. Di tahun yang sama PT Fast Food Indonesia dipercaya memegang lisensi Taco Bell di Indonesia, bekerja sama dengan Yum! Brands Inc, perusahaan publik asal Amerika Serikat dan pemilik waralaba Taco Bell yang kini telah memiliki 7.000 gerai di 31 negara.

Di Indonesia, Taco Bell sudah memiliki 5 gerai di Jakarta dan terus melakukan ekspansi bisnisnya.

Seperti diketahui, boomers adalah istilah untuk para generasi tua yang lahir di rentang tahun 1946—1960. Sedangkan Gen Z, adalah generasi muda yang lahir di rentang tahun 1996-2009.

(Saprian)