Pengamat: Pasangan Abdul Haris Makkie dan Yuni Abdi Nur Sulaiman, Miliki Jaringan Kekuatan Politik Terstruktur

Pasangan Haris Makkie-Yuni Abdi Nur Sulaiman | foto : jejakrekam.com

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN Santernya kabar majunya pasangan Abdul Haris Makkie dan Yuni Abdi Nur Sulaiman, turut diamati pemerhati kebijakan publik dan pemerintahan, DR. HA. Murjani. Ia yakin, pasangan ini bisa berbicara banyak di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banjarmasin.

Keyakinan tersebut menurutnya cukup beralasan, karena kedua tokoh ini memiliki jaringan dan peta kekuatan politik yang terstruktur sampai ke akar rumput.

“Baik Haris Makkie sebagai Ketua Nahdatul Ulama Kalimantan Selatan (Kalsel), dan juga Yuni yang Ketua Umum Kerukunan Keluarga Bakumpai” ungkapnya saat dihubungi via telepon, Selasa (21/07/2020).

Meski belum ada kepastian koalisi partai mana yang akan mengusung, pasangan tersebut menurut Murjani telah dikenal luas oleh Masyarakat. Karena keduanya keturunan dari tokoh fenomenal Banua, yakni anak dari almarhum (alm) H. Ahmad Makkie dan alm H. Sulaiman HB.

“Tentu kompromi politik lah yang menjadi penentu kesepakatan bakal calon walikota dan wakil walikotanya,” urainya.

Murjani memprediksi, pasangan ini akan diusung oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN), yang merupakan koalisi pendukung pasangan Sahbirin Noor dan Muhidin di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel. Karena menurutnya, koalisi di tingkat kabupaten/kota, biasanya mengikuti koalisi di tingkat provinsi.

“Pertanyaannya, apakah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan juga akan berkoalisi dengan Golkar dan PAN? Sangat mungkin potensi politik ini terjadi,” ujar Murjani.

Karena tambah Murjanj, pasangan Abdul Haris Makkie dan Yuni Abdi Nur Sulaiman, berpotensi menjadi tokoh sentral penentu kemenangan Pilkada.

Editor : Ahmad MT