Puncak Harjad ke-72, Paman Birin Dorong Kemajuan Pembangunan di HSU

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat hadiri hari jadi kabupaten HSU

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI UTARA – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin, mendorong kemajuan pembangunan di berbagai sektor di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), yang saat ini sudah memasuki usia ke-72 tahun.

Salah satu pendorong utama untuk mencapai tujuan itu adalah semangat dan kerja keras seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan HSU lebih maju, sejahtera dan unggul di masa depan.

Hal itu disampaikan Paman Birin pada Puncak Peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten HSU yang terpusat di Lapangan Pahlawan Kota Amuntai, pada Kamis (02/05) pagi.

Kedatangan Paman Birin bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Raudhatul Jannah atau Acil Odah dan putranya, Sandy Fitrian Noor, serta Ketua DPRD Provinsi, Supian HK, disambut langsung Penjabat Bupati HSU, Zakly Aswan, yang didampingi pejabat setempat.

“Mari jadikan peringatan hari jadi ini sebagai momentum bagi kita bersama, mensyukuri capaian pembangunan serta perjalanan Kabupaten Hulu Sungai Utara selama 72 tahun,” ujarnya.

Sejak berdiri, kabupaten yang dibentuk di tanggal 1 Mei 1952 itu mengalami berbagai perubahan dan perkembangan yang signifikan. Berbagai prestasi juga telah ditorehkan, baik bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, maupun sosial budaya.

Hal ini ungkap Paman Birin tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat, mulai dari pemimpin, ulama, pengusaha, hingga seluruh lapisan masyarakat yang telah berkontribusi dalam membangun HSU.

“Hari jadi Kabupaten HSU adalah momen untuk menghargai pemerintah dan seluruh elemen masyarakat yang turut berkontribusi dalam memajukan daerah, sehingga membentuk wajah HSU yang agamis, beragam, dan dinamis,” tuturnya lagi.

Kendati demikian, Ia meminta masyarakat dan pemerintah tetap fokus pada optimalisasi pembangunan dengan memanfaatkan potensi yang besar di daerah tersebut.

Salah satu prestasi yang membanggakan menurutnya adalah naiknya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang sebelumnya 69,63 di tahun 2021 menjadi 71,12 di tahun 2023.

Selain itu, angka harapan hidup juga naik ke 72,21 di tahun 2023, dari sebelumnya 71,50.

Paman Birin juga menilai perkembangan Kabupaten HSU cukup baik di sektor ketenagakerjaan. Tingkat partisipasi angkatan kerja mengalami kenaikan, dari 69,35 persen tahun 2022 menjadi 75,34 persen di tahun 2023.

“Artinya, banyak warga HSU yang bekerja, atau setidaknya rajin mencari pekerjaan,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Paman Birin juga melakukan peresmian dan pencanangan sejumlah pembangunan infrastruktur di Kabupaten HSU, yakni pembangunan Tugu Bundaran Kota Amuntai, optimalisasi Pasar Alabio, peluncuran penggunaan RSUD Pembalah Batung Amuntai dan peresmian jalan bypass Bayur – Panangkalaan.

Penjabat Bupati HSU, Zakly Aswan, mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih atas berbagai bantuan pembangunan infrastruktur dari Paman Birin dan Acil Odah.

“Kalau dihitung-hitung jumlahnya lebih dari satu triliun rupiah, mudahan ditambah lagi,” ujar Zakly yang disambut tepuk tangan peserta yang hadir.

Sebelum meninggal lokasi, Paman Birin turut menyaksikan lomba panjat pinang yang diikuti perwakilan semua kecamatan di HSU. Sementara Acil Odah, meninjau stand-stand pameran UMKM HSU yang menyediakan berbagai produk makanan, pakaian, dan aneka kerajinan khas daerah setempat.