Puncak Peringatan Harjad ke-496 Kota Banjarmasin Berlangsung Semarak, Perkuat Sinergi dengan Seluruh Lapisan

Wali Kota Banjarmasin memberikan potongan nasi tumpeng pada Sekdaprov Kalsel

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Diawali lantunan ayat suci Al-Qur’an, peringatan puncak Hari Jadi ke-496 Kota Banjarmasin Tahun 2022 digelar Pemerintah Kota Banjarmasin di Panggung Siring Balai Kota, Rabu (28/09/2022).

Kegiatan yang berlangsung semarak ini diikuti langsung Wali Kota H. Ibnu Sina, didampingi Wakil Wali Kota H. Arifin Noor beserta istri.

Dalam sambutannya, H. Ibnu Sina mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berhadir, sekaligus memaparkan sejumlah pembangunan yang telah dikerjakan, di antaranya jembatan, jalan, dan lainnya, serta penciptaan Wira Usaha Baru dengan kolaborasi Pentahelix ABCGM.

Di samping itu, tambah Wali Kota, turut terwujud 17 kampung iklim yang berfungsi untuk menambah daya tahan Kota Banjarmasin terhadap bencana, yang dimulai dari upaya normalisasi sungai.

“Kemudian penambahan Bank Sampah yang saat ini mencapai 309 unit dengan melibatkan karang taruna di 52 Kelurahan. Jadi, ini adalah sinergisitas yang luar biasa untuk membangun Kota Banjarmasin yang berusia 496 tahun untuk lebih baik lagi ke depannya,” ungkap H. Ibnu Sina.

Selain itu, ia mengatakan, Hari Jadi ke-496 menjadi sangat istimewa, karena Kota Banjarmasin mendapatkan penghargaan, yaitu kawasan Kubah Basirih yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022.

Kado spesial lainnya, yakni Kota Banjarmasin termasuk daerah yang dibangun sekolah penggerak, termasuk mengumpulkan 35 SMP sebagai sekolah berbahasa Inggris, yang secara resmi pada tahun ini akan memulai program pembelajaran dengan standar kompetensi lulusan menggunakan English Level 2.

“Alhamdulillah, ini juga akan sangat membantu Pemerintah Provinsi Kalsel untuk SMA, serta perguruan tinggi secara langsung, dengan literatur-literatur internasional. Selain itu, juga melibatkan kelompok rentan lainnya dalam pembangunan prinsip yang sama, yaitu City For No One Left Behind (tidak ada seorangpun yang tertinggal dalam pembangunan kota),” tutur H. Ibnu Sina.

Kemudian, ia berharap partisipasi semua pihak dalam membangun Banjarmasin sebagai Kota Perdagangan dan Jasa yang makin maju. Ibnu Sina juga berpesan kepada seluruh jajarannya, agar melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Jika bisa dipercepat, kenapa harus diperlambat. Kalau bisa dipermudah, jangan dipersulit. Kalau bisa selesai hari ini, jangan ditunda-tunda sampai besok,” ucapnya.

Hadir pula pada kegiatan ini Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia periode 2021–2024 Bima Arya (yang juga Wali Kota Bogor).

Selain itu, juga hadir Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar, sejumlah bupati/wali kota se-Kalimantan, bupati/wali kota se-Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, ketua dan anggota DPRD Kota Banjarmasin, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, serta pimpinan lembaga berbagai instansi terkait lainnya.

Editor : Achmad MT