Sangat Memerlukan Sumber Dana, Dirut PAM Bandarmasih Harapkan Masyarakat Pahami Adanya Penyesuaian Tarif Air Bersih

Dirut PAM Bandarmasih (Ist)

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Adanya pemberitaan yang beredar terkait polemik penyesuaian tarif air bersih, Direktur Utama PT Air Minum (PAM) Bandarmasih Ir. H. Yudha Achmady menjelaskan, kalau kebijakan tersebut akan tetap dijalankan, mengingat tuntutan pelanggàn untuk meningkatkan pelayanan, dan telah disetujui Pemerintah Kota Banjarmasin.

“Jadi, kita tetap akan menjalankan penyesuaian tarif ini sesuai dengan Peraturan Wali Kota Banjarmasin Nomor 99 Tahun 2022,” ujarnya melalui siaran persnya, Kamis (22/9/2022).

Dengan adanya penyesuaian tarif ini, pihaknya berkomitmen akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Khususnya di daerah-daerah yang terujung, yang sulit mendapatkan air bersih, akan kita fokuskan dalam peningkatan pelayanannya,” papar Dirut.

Yudha juga menjelaskan, kalau pihaknya pun memahami kondisi masyarakat pascapandemi ini, yang terbilang masih belum sepenuhnya membaik.

Kendati demikian, ia juga mengajak semua pihak melihat kondisi PAM Bandarmasih, yang sangat memerlukan sumber dana untuk dapat meningkatkan pelayanan.

“Jadi mau tidak mau kita harus melakukan penyesuaian tarif ini, agar dapat melakukan peningkatan sarana infrastruktur, seperti peremajaan pipa dan pembangunan instalasi, hingga kemacetan yang ada di daerah terujung itu bisa segera teratasi,” lanjutnya.

Dirut juga menuturkan, seandainya kondisi PAM Bandarmasih masih mampu berinvestasi, pihaknya juga tidak ingin sampai diberlakukannya kebijakan tersebut.

Di samping itu, ia juga menyampaikan, kalau pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Banjarmasin, dalam hal ini Wali Kota Ibnu Sina, yang telah setuju dan mendukung penyesuaian tarif ini .

“Pak Wali setuju dengan penyesuaian tarif ini, namun dengan catatan pelayanan terhadap pelanggn harus ditingkatkan, dan komitmen yang telah disampaikan pun harus dijalankan dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga melihat dari hasil sosialisasi yang dilakukan tim PAM Bandarmasih di 8 kelurahan dan di 5 kecamatan di Kota Banjarmasin, sesuai dengan yang diarahkan oleh Komisi II DPRD Kota Banjarmasin 

“Dari hasil sosialisasi kemarin, rata-rata para pelanggan setuju dan mendukung penyesuaian tarif ini, namun dengan catatan pelayanan harus ditingkatkan,” pungkasnya.

Adt