Suripno Sumas Himbau Masyarakat Taat Pajak dan Registrasi Ranmor

Anggota DPRD Kalsel, Suripno Sumas Gandeng DitLantas Polda Kalsel sosialisasikan peraturan daerah bersama warga Banjarmasin

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Anggota DPRD Kalsel, Suripno Sumas menginginkan masyarakat Kalimantan Selatan perlu mengetahui tentang pajak kendaraan bermotor yang mati selama lima tahun dan berjarak dua tahun tidak dilakukan perpanjangan akan dihapuskan dari datanya oleh pihak kepolisian.

“Penghapusan itu untuk mengetahui keseimbangan antara jumlah kendaraan bermotor dengan wajib pajak,”jelas sekretaris komisi I DPRD Kalsel tersebut usai sosialisasi peraturan daerah dengan narasumber dari ditlantas Polda Kalsel, di jalan Meratus kota Banjarmasin,Selasa (6/12/2022).

Dari data yang diperoleh politisi partai kebangkitan bangsa ini, pengguna kendaraan bermotor kalsel yang tidak membayar pajak jika dihitung sekitar 800 milyar rupiah lebih.

“Upaya itulah yang ditempuh agar pengguna kendaraan bermotor dapat membayar pajak agar pendapatan daerah dapat bertambah,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu, politisi partai kebangkitan bangsa tersebut juga menghimbau kepada masyarakat Kalsel untuk registrasi ranmor dan taat pajak, karena pajak adalah salah satu pemasukan besar bagi propinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu,Pamin 3 SiSTNK SubditRegid DitLantas Polda Kalsel Ipda Nova Anggraeni menjelaskan penghapusan registrasi kendaraan bermotor itu akan diberlakukan tahun depan.

“Saya menghimbau kepada roda dua dan roda empat yang belum terigestrasi agar segera registrasi ulang kendaraan bermotornya,”harapnya.

Dari data terakhir, sebanyak 70 ribu lebih kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat yang belum registrasi.Secara nasional kendaraan bermotor yang tidak memiliki registrasi  sekitar 8 juta lebih.

“Kendaraan yang tidak memiliki registrasi tidak diperkenankan untuk beroperasional dijalan raya,”pungkasnya.

(Yunn)