Tayang pada Bioskop se-Indonesia Sejak Kemarin, Film Ancika Ternyata Dimotori Rumah Produksi Asal Kalsel

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Ramai menghiasi bioskop di seluruh Indonesia, film Ancika yang resmi tayang sejak Kamis (11/1), rupanya hasil karya rumah produksi asal Kalimantan Selatan, yakni Enam Sembilan Production.

Film ini merupakan adaptasi dari buku bertajuk “Ancika: Dia yang Bersamaku di Tahun 1995” karya Pidi Baiq, kelanjutan dari sosok Dilan, yang ramai penonton pada garapan sebelumnya.

Budi Ismanto, Produser Film Ancika menyampaikan, karya ini merupakan salah satu kontribusi Kalimantan Selatan dalam dunia perfilman nasional, karena sejauh ini menurutnya, barometernya hanya berkutat pada Daerah Jawa.

“Enam Sembilan Production yang lahir di Kalsel, ingin Kalsel berkontribusi besar,  kita punya potensi mengembangkan itu,” tuturnya, saat jumpa awak media di Banjarmasin, Jumat (12/1/24).

Budi Ismanto (kiri) saat jumpa awak media di Banjarmasin

Bahkan menurutnya, bukan tidak mungkin, Kalsel bisa menjadi pusat perfilman di Daerah Indonesia Bagian Timur.

“Industri kreatif ini tidak akan habis, ini juga menjanjikan, bisa menyerap tenaga kerja, dan penyaluran kreativitas,” jelasnya.

Respons masyarakat pada hari pertama rilis, film Ancika sudah tembus 163.811 penonton.

“Semoga hari ini dan selanjutnya bisa lebih banyak, dan tayang lebih lama di bioskop,” harapnya.

Budi juga menjelaskan, Ancika ini berbeda dari film Dilan sebelumnya, mulai dari para pemain, cerita, hingga masa, yang pada garapan ini menggambarkan Dilan yang sudah dewasa.

“Jka anda nonton film ini dijamin bakal baperan, gemesin, keren lah pokoknya, lucunya juga banyak, romantisme, rayuan Dilan yang luar biasa bisa anda saksikan,” jelasnya.

Diketahui, nyaris seluruh pemainnya adalah pemain-pemain baru, seperti Ancika diperankan oleh Zee JKT48, dan Arbani Yasiz sebagai Dilan.

Diceritakan Budi secara singkat, Ancika Mehrunisa Rabu (Zee JKT48) merupakan tokoh film yang cerdas, kuat, punya pandirian, agak jutek, namun cantik, yang banyak diperebutkan lelaki. Termasuk Dilan, yang digambarkan telah dewasa.

Diagendakan, pihaknya bersama MD Pictures juga akan menggelar meet and greet bersama para pemain pada tanggal 14 Januari, di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Banjarmasin (Duta Mall). (Ih/Achmad MT)