Tim Penilai Bappenas RI Apresiasi Inovasi Program “SITI HAWA LARI” di Kalsel

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Tim Penilai Utama dan Tim Penilai Independen Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas RI mulai melaksanakan giat penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahap II Tahun 2024, Jumat (22/03).

Tahapan yang dilakukan adalah verifikasi lapangan dan wawancara langsung penerima manfaat program inovasi Sistem Integrasi Itik di Lahan Rawa dan Lahan Kering (SITI HAWA LARI), yang digagas Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Ada tiga lokasi yang dipilih di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah ada di Desa Tabudarat Hilir, dan Kabupaten Hulu Sungai Utara di Desa Mamar dan Desa Tambalang.

Kunjungan lapangan didampingi langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalsel, Suparmi, bersama jajaran dan tim dari Bappeda.

Tahap ini merupakan penggalian informasi lebih lanjut dari hasil penilaian dokumen dan pendalaman Focus Grup Discussion (FGD) di hari sebelumnya, yang mana dalam pembahasan dan sesi tanya jawab terkait SITI HAWA LARI kepada stakeholders terkait.

Tim penilai PPD 2024 sangat antusias ingin melihat secara langsung bagaimana program ini dijalankan dan mengetahui secara spesifik untuk menjadi bahan penilaian terkait dampaknya.

Apalagi hingga bisa menjadi program unggulan Kalsel di tahun 2024, khususnya untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Melalui peninjauan ke kandang ternak itik maupun sesi wawancara atau tanya jawab langsung, tim penilai PPD 2024 dibuat kagum oleh keberhasilan SITI HAWA LARI dalam pengembangan usaha agribisnis itik yang sangat berdaya saing tinggi, yang benar-benar berkerakyatan.

Program itu juga diharapkan berkelanjutan dalam pembudidayaan ternak itik yang bersifat diversifikasi terintegrasi secara maksimal.

Tim penilai PPD 2024 melihat SITI HAWA LARI sebagai upaya maksimal Pemprov Kalsel dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya masyarakat peternak.

“Kami sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk menjelaskan dan memperlihatkan secara langsung dan rinci mengenai program inovasi pembangunan yang telah kami jalankan. Saya mewakili bapak Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor menyampaikan komitmen Pemprov. Kalsel untuk memberikan kolaborasi penuh serta transparansi dalam proses penilaian ini,” ucap Suparmi.

(Adpim/Viz)