Tips Terobos Banjir dengan Motor Matik

Tips hadapi banjir motor matic
Sejumlah kendraan matic terobos banjir di jalan Ahmad Yani Km.6 Banjarmasin (foto RRI)

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN Bencana banjir yang melanda Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam beberapa hari terakhir, membuat banyak jalan tergenang.

Tidak hanya daerah yang parah seperti di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut, di Ibu Kota Provinsi Kalsel, Banjarmasin, juga ikut terendam.

Akibatnya, warga yang harus tetap beraktivitas, terpaksa menerobos jalan yang tergenang dengan ketinggian air yang cukup dalam.

Jika harus menerobos banjir, tentunya mesti memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu, apalagi dengan kendaraan motor matik yang ketinggiannya tidak seperti kendaraan bebek atau trail.

Saat menerobos banjir dengan menggunakan kendaraan jenis matik, paling utama yang harus diperhatikan adalah ketinggian air.

Jika tidak ingin mogok, harus menghindari masuknya air ke dalam knalpot dan saringan udara serta bagian CVT.

“Jika air terlalu dalam dan diprediksi menenggelamkan knalpot, sebaiknya matikan saja mesinnya dan didorong,” papar Syaruji, mekanik di salah satu Dealer Honda di Banjarmasin, Selasa (19/01/2021).

Baca Juga :

Jika setelah menerobos namun kemudian sulit dinyalakan, ia lalu menyarankan untuk melepas knalpot terlebih dahulu, guna membuang air yang masuk, agar mesin aman dari gangguan air.

“Kalau matik mogok, biasa selain harus melepas knalpot, juga di saringan udaranya yang harus dibersihkan dari air, serta CVT-nya,” ungkapnya.

Membersihkan kendaraan yang mogok akibat menerobos banjir, dapat dilakukan sendiri jika mempunyai alat yang lengkap.

“Bisa dibuka sendiri, cukup dibersihkan. Kalau tidak mau nyala juga, baiknya dibawa ke bengkel,” tutup Syaruji.

Editor : Ahmad MT