Wabup Batola dan Istri Hadiri Puncak Peringatan Harjad ke-70 HSU

Harjad ke-70 HSU

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI UTARA – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) melalui Wakil Bupati H. Rahmadian Noor dan istri Hj. Saraswati Dwi Putranti, menghadiri peringatan Hari Jadi ke-70 Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati HSU,” Kamis (12/05/2022).

Wabup dan istri hadir lebih pagi, mengenakan baju sasirangan berwarna kuning khas Batola bermotif purun tikus dipadu celana dan bawahan hitam, keduanya tampil bersahaja.

Tiba tepat pukul 07.30 WITA, keduanya disambut dan diantarkan ke tempat duduk oleh para penjaga tamu yang berasal dari para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Puncak peringatan Harjad ke-70 yang mengusung tema “Mufakat Maangkat Harkat dan Martabat Menuju Penuh Berkah” ini berlangsung sederhana.

Diawali persembahan tarian tradisional Sadapung Purun dari Sanggar Air, acara dilanjutkan pembacaan doa serta pembacaan sejarah singkat berdirinya Kabupaten HSU.

Pelaksana Tugas Bupati HSU Husairi Abdi, mengaku sangat bersyukur di usia ke-70, kabupaten ini dapat kembali menyegarkan semangat serta keteguhan, untuk menumbuhkan ekonomi daerah di era baru pascapandemi Covid-19, mewujudkan visi misi daerah HSU Mantap (Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamais, dan Produktif).

“Banyak prestasi, penghargaan, perubahan, dan kemajuan yang telah kita lakukan. Kemajuan dan hasil-hasil pembangunan tersebut telah memberikan perubahan yang signifikan bagi peningkatan derajat masyarakat,” ucapnya.

Lebih jauh, Husairi mengutarakan, peringatan ke-70 ini menjadi peringatan terakhir dirinya memimpin Kabupaten HSU.

Di antara pembangunan yang telah diraih dan direalisasikan, lanjutnya, tentu harus dijadikan modal untuk melanjutkan pengabdian meningkatkan kesejahteraan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Husairi mengakui, masih terdapat hal-hal yang perlu dievaluasi dan diperbaiki bersama untuk kemajuan dan kejayaan, guna menjadikan HSU lebih baik lagi.

Sementara itu, dalam sambutan tertulis Gubernur Kalsel, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kalsel Khatimah berharap, jajaran pemerintah dan seluruh komponen masyarakat HSU tetap memelihara keharmonisan dan gotong royong dalam memajukan daerah.

Khatimah mengajak seluruh masyarakat untuk memberi masukan dan mengkritisi program kebijakan pemerintah, dengan harapan masyarakat ikut merasa memiliki sekaligus merasakan hasil dari program pembangunan.

“Momentum peringatan hari jadi ini, sebagai penguat semangat dan komitmen bersama untuk memajukan daerah. Terus tebarkan dan budayakanlah semangat gotong royong, sinergikan semua kekuatan dan sumber daya untuk memajukan Kabupaten Hulu Sungai Utara,” pungkasnya.

Peringatan Harjad ke-70 HSU ini juga dirangkai penandatanganan prasasti peresmian kantor baru Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, peluncuran Desa Cantik (Desa Cinta Statistik), peluncuran Program Jaringan Tetap Lokal (Jartaplok), pencanangan Desa Kota Raja sebagai Rumah Restorasi Keadilan, dan penandatanganan komitmen bersama penerapan manajemen risiko dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

(Alibana)