Yani Helmi Sosialisasikan Perda Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-pulau Kecil di Pelabuhan Tanbu

Paman Yani
Suasana sosialisasi Perda Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-pulau Kecil di Pelabuhan Tanbu

JURNALKALIMANTAN.COM, TANAHBUMBU – Anggota Komisi II Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Propinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi bersama pemerintah provinsi Kalsel melalui UPTD pelabuhan perikanan Batulicin, melaksanakan sosialisasi peraturan daerah nomor 13 tahun 2018 tentang rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, Kamis (28/1).

Sebagaimana yang tertuang dalam pasal 5 pada BAB III, perda ini, mempunyai tujuan untuk mewujudkan keterpaduan pola ruang laut dan darat yang efisien dan berkelanjutan untuk mendukung pengembangan wilayah perdagangan dan jasa berbasis industri maritim.

Selain itu juga melindungi, mengkonservasi, merehabilitasi, memanfaatkan dan memperkaya sumber daya pesisir dan laut serta sistem ekologis nya secara berkelanjutan.

serta yang tidak kalah penting tujuan dari perda ini adalah memulihkan dan menjamin hak dan kewajiban masyarakat dalam mengelola sumberdaya wilayah pesisir laut dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan.

“Sosialisasi ini penting dilaksanakan, agar diketahui masyarakat terutama para penggiat sektor perikanan,” ujar Politisi partai Golkar Kalsel ini.

Paman Yani
Muhammad Yani Helmi, Anggota Komisi II DPRD Kalsel



Secara garis besar disampaikan Paman Yani, dengan adanya perda ini, masyarakat diharapkan dapat mengerti tentang hak dan kewajiban sebagai pelaku usaha di bidang perikanan.

“Tujuan akhir tidak lain agar ekonomi berjalan dengan baik serta Pelabuhan beroperasi dengan baik dan Harga ikan lebih bagus ,” terangnya.

Baca Juga : Gunakan Kelotok, Paman Yani Blusukan Lagi Bantu Korban Banjir

Sementara itu, Plt Kepala Pelabuhan Perikanan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Syarwani mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan segala aktivitas yang ada di pelabuhan perikanan serta sektor perikanan pada umumnya mempunyai arah yang jelas dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami sangat berterimakasih kepada Paman Yani selalu anggota DPRD Kalsel yang sudah berkenan membersamai dalam sosialisasi ini, semoga perda ini bisa menjadi perhatian bersama,”jelasnya.

Editor : Ahmad MT