Kalsel  

Dorong UMKM Bangkit lagi, Distributor Gula Ini Siap Jual dengan Harga Lebih Murah

Jual Gula
Karyawan distributor gula sedang menimbang gula

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN Para pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM), merupakan kalangan yang turut terpuruk akibat pandemi Covid-19. Untuk membantu sektor ini bangkit lagi, salah satu distributor gula di Kalimantan Selatan (Kalsel), siap membantu dengan penyediaan harga gula yang lebih murah.

Namun pastinya ada ketentuan yang harus dipenuhi, agar pengusaha kecil bisa mendapatkannya.

“Dengan syarat mengisi data UMKM-nya dan bersedia disurvei tempat usahanya, agar nantinya bisa mendapatkan harga gula rafinasi yang lebih murah,” urai H. Aftahudin, salah satu distributor gula terbesar di Kalsel, saat ditemui di ruang kerjanya di kawasan Belitung Darat, Rabu (08/07/2020).

H. Aftahudin juga menjelaskan, bahwa kebutuhan gula di Kalsel sudah kembali normal, yang diikuti dengan penyesuaian ke harga eceran tertinggi di tingkat pasaran, yakni Rp12.500,00 per kilogram, sedangkan di tingkat distributor berharga Rp11.600,- per kilogram.

Selain itu tambahnya, persediaan gula juga sudah dinilai aman, plus konsumsi masyarakat yang mulai stabil usai Ramadan.

“Stok aman insyaAllah. Ada hampir 1.500 ton, aman hingga hari raya kurban,” jamin H. Aftahudin.

H. Aftahudin juga mengatakan, bahwa daerah penghasil gula telah rutin mengirimkan pasokannya, apalagi saat ini sudah musim panen, sehingga persediaan gula diharapkan tetap normal dan aman, 

“Karena ini sedang panen tebu, maka jangan khawatir sampai bulan november,” ungkap H. Aftahudin.

Editor: Ahmad MT