DPRD Batola Sepakati 3 Raperda, Pj Bupati Berikan Apresiasi

JURNALKALIMANTAN.COM, BARITO KUALA – Melalui rapat paripurna, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Kuala (Batola) menyetujui tiga rancangan peraturan daerah (raperda), sekaligus penyampaian raperda inisiatif, yang dihadiri langsung Penjabat (Pj) Bupati Mujiyat, Selasa (06/12/2022).

Di antara yang telah disepakati dan ditetapkan ialah tentang Pengelolaan Pasar Rakyat, Pengelolaan Air Limbah Domestik, dan tentang Pengelolaan Keuangan Daerah (PKD).

Pj Bupati menyampaikan, perda tentang Pasar Rakyat merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan pengelolaan pasar agar menjadi lebih baik.

“Pertumbuhan pasar tradisional merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah, sehingga perlu pengelolaan yang efektif dan efisien,” ungkapnya dilansir dari KabarKalimantan.

Sementara tentang pengelolaan air limbah, merupakan upaya dalam melindungi lingkungan dari cemaran limbah domestik manusia.

Sedangkan terkait PKD, diinginkan dapat menjaga 3 pilar tata pengelolaan keuangan daerah yang baik, yaitu transparansi, akuntabilitas, dan partisipatif, yang menyesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang PKD dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis PKD.

Sementara Raperda Inisiatif DPRD tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dan tentang Perubahan Perda Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Hal ini sangat diapresiasi Pj Bupati, yang menilai peraturan itu penting untuk mencegah alih fungsi lahan pertanian demi menjaga ketersediaan lahan pertanian.

“Perubahan atas Perda Nomor 5 Tahun 2015 sangat penting untuk menjaga kualitas udara yang sehat dan bersih, bebas dari asap rokok,” tegasnya.

Berlangsung di ruang rapat, paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Saleh, dihadiri para anggota dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta para pimpinan satuan kerja perangkat daerah setempat.(Adv)