Event Bertaraf Internasional, BIPA Tahun 2023 Resmi Dibuka di Banjarmasin

JURNALKALIMANTAN.COM,BANJARMASIN – Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor, resmi membuka event Banjarmasin International Peforming Art (BIPA) tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, berlangsung di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Senin (4/9/23).

BIPA adalah kegiatan pertunjukan seni yang meliputi seni tari, seni teater yang bersifat kontemporer. Kegiatan bertaraf internasional tersebut menghadirkan para seniman luar negeri, dalam negeri luar provinsi dan dalam Provinsi Kalimantan Selatan.

BIPA Banjarmasin tahun 2023 ini menghadirkan delegasi seniman luar negeri yaitu, Malaysia, 11 orang, Lithuania 8 orang, Singapore, 10 orang, Jepang 2 orang, Spanyol 1 orang, total 5 negara dengan jumlah seniman 32 orang.

Selain itu juga delegasi seni luar daerah luar provinsi, yaitu Jogjakarta 6 orang, Kutai 14 orang, termasuk 4 grup dari Kalimantan Selatan, serta bintang tamu Sruti Respati dari Solo.

Atas nama Pemko Banjarmasin H Arifin Noor mengucapkan Welcome to the grand opening of Banjarmasin International Performing Art 2023, pada kesempatan itu ia menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi atas kehadiran delegasi dan performer BIPA 2023.

“Welcome to Banjarmasin, the city of a thousand rivers merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami yang pada tahun ini berkesempatan menggelar event bertaraf internasional untuk Pertama kali nya di Kota Banjarmasin,” katanya dalam sambutan.

Dengan mengusung tema “My river my inspiration” ia mengungkapkan, BIPA 2023 menjanjikan sebuah pengalaman tak terlupakan dalam dunia seni pertunjukan yang menyatukan bakat dan semangat para seniman dari seluruh dunia khususnya di kota seribu sungai yang penuh dengan inspirasi.

H Arifin Noor menjelaskan, BIPA merupakan wujud nyata dari komitmen pemko Banjarmasin, mempromosikan seni dan budaya, sebagai jembatan pemahaman antar bangsa yang menghadirkan ragam keindahan dan kekayaan dari berbagai negara, komunitas seni di Kabupaten/Kota dalam Provinsi Kalsel serta luar Provinsi Kalsel.

“Besar harapan kami, agar BIPA dapat menjadi wadah yang mempertemukan berbagai komunitas seni, memperkuat katan budaya antar daerah dan antar bangsa, serta memperkaya pengetahuan dan apresiasi kita terhadap ragam senidan budaya di dunia,” harapnya.

Wakil wali Kota Banjarmasin bersama jajaran terkait membuka kegiatan

Ia juga berharap, BIPA dapat menciptakan momentum positif dalam pengembangan seni dan budaya di Kota Banjarmasin serta menginspirasi para generasi muda untuk terus mencintai dan melestarikan warisan budaya dengan terus berkarya dan mengembangkan bakat yang dimiliki.

“Mari kita nikmati dan hargai setiap momen dalam BIPA tahun 2023 ini. Jadilah saksi dari gelaran event luar biasa yang pertama kalinya diadakan di Kota Banjarmasin, semoga sukses untuk BIPA 2023,” tutupnya.

Turut hadir, Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kota Banjarmasin, Hj Hardiyanti, Plt Disbudporapar, Madyan, sejumlah Kepala SKPD serta jajaran terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin. (Kominfo Bjm)