Kelurahan Sungai Andai Segera Miliki SMK

Ilustrasi sekolah SMK (foto : brain Academy by ruang guru)

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Aspirasi masyarakat Kelurahan Sungai Andai untuk memiliki Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayahnya, akhirnya berbuah manis.

Aspirasi tersebut telah disetujui oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammadun dan Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Muhammad Lutfi Saifuddin.

Pada audiensi Komisi IV DPRD Kalsel bersama Dewan Kelurahan Sungai Andai, Muhammadun terang-terangan menyatakan kesetujuannya.

“Hal ini merupakan wujud kepedulian Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor kepada dunia pendidikan guna mencetak lebih banyak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas,”ucap Muhammadun,di DPRD Kalsel belum lama tadi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Muhammad Lutfi Saifuddin.

“Komisi IV siap mendukung secara total sesuai kewenangan yang ia miliki sebagai, yakni dari segi pengawalan anggaran,”jelas politisi partai Gerindra Kalsel tersebut.

Suasana Audensi komisi IV, Disdikbud Kalsel terkait pembangunan SMK di Banjarmasin

Kita akan masukkan dan kawal anggaran pada perubahan tahun 2023 ini. Mohon doa masyarakat semua agar kiranya rencana mulia ini akan diberikan kemudahan, sehingga impian warga sungai andai memiliki SMK cepat terwujud di tahun 2024, jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kelurahan Sungai Andai, Suriansyah membeberkan alasan pihaknya mengusulkan adalah sarana pendidikan berupa SMK di tempatnya.

“Salah alasannya agar para pelajar yang berdomisili di Kelurahan Sungai Andai yang ingin masuk ke SMK tidak perlu harus jauh-jauh ke luar wilayah Sungai Andai,”jelasnya.

Selain itu, adanya sekolah kejuruan ini akan akan mempermudah mobilitas serta mengurai kemacetan.

Memperkuat hal itu , Lurah Sungai Andai, A. Dedi F, mengatakan bahwa di tempatnya banyak lahan potensial nan strategis yang siap dihibahkan untuk pembangunan sarana pendidikan SMK tersebut.

“Saya siap mengabulkan harapan dari kurang lebih 41 ribu warganya. Hal ini sesuai dengan visi dari Kelurahan Sungai Andai yang memajuka dunia pendidikan.

(Yunn)