Pemusnahan Barang Bukti Narkoba dari 15 Kasus di Banjarmasin

Pemusnahan Barang Bukti Narkoba
Foto (ADT) pemusnahan Barang Bukti Narkoba di Polresta Banjarmasin

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pemusnahan ini dipimpin langsung Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito, didampingi Kepala Satuan Reserse Narkotika, Psikotropika, dan Obat Terlarang (Sat Resnarkoba) Kompol Mars Suryo Kartiko, yang juga dihadiri perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Banjarmasin, BNN Kota Banjarmasin, Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Lambung Mangkurat, di Mapolresta, Rabu (22/06/2022) sore.

Kapolresta menjelaskan, pengungkapan kali ini merupakan hasil dari penyelesaian 15 laporan dari 2 bulan terakhir, yang pemusnahan total barang bukti mencapai 3.592,48 kilogram sabu-sabu.

“Dalam pengungkapan ini, petugas berhasil mengamankan sebanyak 19 orang pelaku,” ungkap Kapolresta.

“Dari ke 19 orang tersebut, ada yang residivis dan ada juga yang baru,” lanjutnya.

Para pelaku diancam dengan UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Pasal 114 Ayat (2) juncto 112 Ayat (2) juncto Pasal 132 Ayat (1).

Kapolresta memperkirakan, dari kasus ini, pihaknya berhasil menyelamatkan 53.886 orang dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Apabila diuangkan dari 3,5 kg sabu tersebut adalah sebesar Rp5,3 miliar,” kata Kombes Pol Sabana.

Ia juga berterima kasih sekaligus mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar jangan takut menginformasikan kepada pihak kepolisian apabila terlihat hal-hal yang mencurigakan.

“Terima kasih kepada masyarakat yang selalu memberikan informasi kepada Anggota Sat Resnarkoba kami,” tutur Kombes Pol Sabana.

“Ini merupakan salah satu bukti peran serta masyarakat dalam melakukan pemberantasan penyalahgunaan narkotika,” pungkasnya.

(Adt)