Perwosi Banjarmasin Berkolaborasi Melaksanakan Yoga dan Senam SBSU

Perwosi Banjarmasin

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama kaum ibu, Persatuan Wanita Olahraga Indonesia (Perwosi) Kota Banjarmasin berkolaborasi dengan Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia (PPYNI), melaksanakan Yoga dan Senam Bugar Sepanjang Usia (SBSU) di Lapangan Kamboja, Ahad (19/6/2022) pagi.

“Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Yoga Internasional, dan kegiatan ini searah dengan program kerja Perwosi kota Banjarmasin,” ungkap Ketua Perwosi Kota Banjarmasin Hj. Siti Nursiah, selepas senam.

Dikatakannya, yoga merupakan salah satu pilihan untuk mengolah tubuh agar lebih sehat.

“Sasarannya adalah masyarakat umum yang gemar berolahraga, baik itu kaum perempuan, remaja, terutama anak-anak, kami rangkul bersama membudayakan olahraga,” jelas pensiunan Supervisor Humas PDAM Bandarmasih ini.

“Olahraga ini untuk menyehatkan tubuh yang nantinya diharapkan akan melahirkan generasi sehat berkualitas, serta melahirkan atlet berprestasi ke depannya,” sambungnya.

Adapun target yang dinginkan, lanjut Hj. Siti Nursiah, adalah untuk menyehatkan masyarakat sehingga olahraga ini menjadi satu kebutuhan.

Turut hadir dalama acara ini Penasihat Perwosi Kota Banjarmasin Hj. Siti Fatimah Hermansyah, yang mengharapkan kolaborasi ini bisa terus berlanjut di masa mendatang.

“Baik dari kabupaten/kota maupun provinsi, kolaborasi ini diharapkan terus terjalin,” harapnya.

Selanjutnya Ketua PPYNI Kota Banjarmasin Hj. Maspiati mengatakan, pada acara hari ini pihaknya mengusung tema “Yoga for Humanity”.

“Kita berharap yoga ini terutama di Banjarmasin bisa diterima masyarakat,” harapnya.

Apalagi tambah Hj. Maspiati, kebanyakan orang beranggapan miring tentang yoga, sehingga sulit berkembang di Banjarmasin.

“Saya berharap yoga ini bisa diterima, apalagi yoga ini termasuk dalam cabang olahraga, dan tujuannya untuk menyehatkan badan baik fisik maupun mental,” katanya.

Hj. Maspiati juga menegaskan, di Pekan Olahraga Nasional (Pornas) tahun ini, yoga menjadi cabor pertama yang dipertandingkan.

“Harapannya, semoga Kalsel bisa memberikan yang terbaik. Mohon doa restunya kepada masyarakat, agar pegiat kami yang bertanding bisa membawa nama baik daerah,” ajaknya.

Sementara itu, Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia Kota Banjarmasin melalui Ketua Harian H. Baktiansyah, sangat mengapresiasi dan berbangga dengan adanya senam bersama ini.

“Kami harapkan timbul budaya hidup sehat, gemar berolahraga bagi wanita di Kota Banjarmasin,” ucapnya.

“Kami juga ingin para ibu membawa anak-anaknya dalam kegiatan seperti ini, termasuk para remaja, sehingga membudayakan kepada mereka untuk gaya hidup berolahraga,” katanya.

H. Baktiansyah menjelaskan, salah satu tujuan utama hadirnya KONI, adalah mempermudah para pengurus cabor melihat potensi anak-anak yang mau berolahraga.

“Dan target terakhir, adalah akan lahir atlet-atlet berprestasi di KONI Kota Banjarmasin berkat kontribusi Perwosi,” tandasnya.

(Saprian)