Prof. Erham Amin Sosok Mengayomi, Helmi Rifai Merasa Kehilangan

JURNALKALIMANTAN.COM,BANJARMASIN – Kabar wafatnya Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof. Dr. H.M. Erham Amin, M.H., membuat banyak orang berduka, termasuk dari ribuan alumnus Fakultas Hukum, karena sosok almarhum sangat dekat dan mengayomi para mahasiswa maupun alumni.

Bahkan semasa hidup, Prof. Erham banyak memunculkan lulusan terbaik, selalu terbuka, dan menjadi tempat berkomunikasi para alumnus, terlebih bagi mereka yang berprofesi sebagai advokat.

Inilah yang dirasakan Helmi Rifai, S.H., salah satu alumnus yang juga advokat serta pengusaha muda di Banjarmasin. Ia mengaku sangat kehilangan dengan kepergiannya sang guru besar.

“Kami pribadi bersama kawan-kawan alumnus turut berduka cita dengan wafatnya dosen sekaligus tokoh yang kami hormati. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah Swt., dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” ucapnya bergetar menahan kesedihan, Ahad (16/06/2025).

Helmi mengaku sangat kehilangan dengan sosok yang selalu memberikan motivasi tersebut, terlebih dalam situasi apapun, sosok almarhum dikenal ramah dan menjadi tempat bertukar pikiran.

“Kebaikan beliau dan keramahan serta selalu membuka diri dengan para alumnus, menjadi kenangan yang tak mungkin terlupakan. Beliau tak pernah menjaga jarak dengan alumni dan selalu menenangkan kami, terlebih saat bertukar pikiran dalam menyelesaikan masalah. Semoga kebaikan itu menjadi ladang amal terbaik beliau,” ujar Bakal Calon Wakil Wali Kota Banjarmasin tersebut.

Prof. Erham sosok pekerja keras yang memulai karier dari bawah. Dia diketahui juga pernah mengisi jabatan strategis di kala muda yakni sebagai ketua KNPI Kalimantan Selatan. Bahkan semasa zaman order baru pernah menjadi Anggota DPR RI.

Almarhum meninggal dunia pada Sabtu (15/06/2024) pukul 17.41 karena sakit. Rencananya jenazah akan disalatkan di Masjid Al-Jihad Banjarmasin setelah zuhur, Ahad (16/06/2024).

Jika tak ada aral, almarhum akan dimakamkan di Alkah Bubuhan Amandit Hulu Sungai Selatan, Jalan A. Yani Km 23 Landasan Ulin Banjarbaru.