SMKN 2 Amuntai Wakili Trio Motor Raih Juara 3 Kategori Siswa di FVSH Nasional

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI UTARA – Mengikuti perkembangan industri sepeda motor, PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar Festival Vokasi Satu Hati (FVSH) 2024, dengan salah satu materi uji terkait sepeda motor listrik. Sebagai kegiatan yang diproyeksikan untuk menyiapkan generasi unggul di bidang vokasi otomotif roda dua, kompetisi ini juga menguji kompetensi teknis peserta siswa dan kemampuan proses belajar mengajar guru, melalui uji teori dan praktik tentang teknologi sepeda motor Honda tekini.

Melalui tema “Wujudkan SDM Unggul”, FVSH 2024 mengalibrasi serapan kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda di SMK mitra binaan. Kompetisi ini digelar berjenjang dari tingkat sekolah, regional, hingga nasional.

Dibuka sejak September 2023, kegiatan ini diikuti antusias 29.687 peserta didik dan 3.241 guru program pendidikan Teknik Sepeda Motor dari 36 provinsi. Melalui serangkaian seleksi, terpilih 40 peserta didik dan 27 guru terbaik untuk menghadapi seleksi nasional pada 20–22 Februari 2024, di AHM Safety Riding and Training Center, Deltamas, Jawa Barat.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, FVSH 2024 menghadirkan ujian teori dasar sepeda motor listrik Honda bagi siswa dan tenaga pengajar. Hal ini merupakan bagian dari rencana perusahaan menyelaraskan perkembangan teknologi di industri sepeda motor, dengan materi yang diajarkan di SMK mitra binaan. Sebelumnya, mulai tahun 2022, AHM telah mulai memperkaya wawasan terkait perkembangan sepeda motor listrik kepada para guru SMK mitra binaan Astra Honda.

Selain ujian teori terkait teknologi sepeda motor listrik, para guru dan siswa juga menjalani ujian praktik mulai dari pengenalan alat dan pengukuran, serta perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan teknologi terkini. Para peserta guru juga diuji kemampuannya dalam teknik mengajar dan menyampaikan materi ajar seputar teknologi sepeda motor Honda.

Lidya Maya Sari,Corporate Communication PT Trio Motor yang merangkap sebagai Vocational Manager menyebutkan, bahwa pihaknya berterima kasih atas pencapaian perwakilan SMK Negeri 2 Amuntai, karena telah berhasil meraih juara 3 kategori siswa untuk FVSTH Tingkat Nasional.

“Dengan semangat ‘Sinergi bagi Negeri’, kami sangat berterima kasih kepada perwakilan dari SMK Negeri 2 Amuntai, yakni Rafly Ahmad, karena berhasil meraih juara 3 kategori siswa untuk FVSH Tingkat Nasional. Rafly berhasil meraih peringkat 3 dari total 40 orang peserta kategori siswa. Hebat sekali,” ucap Lidya melalui siaran pers Trio Motor, Rabu (13/03).

(Saprian)