Suasana Haru Selimuti Ribuan Peziarah di Kubah K.H. Khalilurrahman

Ziarah Kubro Martapura
sebagai kegiatan ziarah kubro, rombongan ziarah ke makam orang tua dari pengasuh Pesantren Syafaat Bukhari Muslim Tuan Guru H. Gusti Nasrullah

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJAR – Ribuan warga mengikuti Ziarah Kubro, yang selalu dilakukan setiap tahun oleh Pesantren Syafaat Bukhari Muslim, Desa Sungai Landas, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Menggunakan 31 bus dan 10 mini bus, jemaah memulai rangkaian ziarah ke makam orang tua dari pengasuh Pesantren Syafaat Bukhari Muslim Tuan Guru H. Gusti Nasrullah.

Dilanjutkan berangkat ke makam Syeikh M. Zaini bin Abd. Ghani (Guru Sekumpul), Syeikh Semman Mulia, Syeikh Salman Jalil. Kemudian ke daerah Tunggul Irang, yakni ke makam K.H. Husin Qodri, K.H. Badruddin, K.H. M. Rosyad, hingga daerah Pekauman yakni ke kubah K.H. Salim Ma’ruf dan K.H. Khalilurrahman.

Di sini, suasana haru dan khidmat menyelimuti jemaah, karena teringat sosok Almarhum K.H. Khalilurrahman.

“K.H. Khalilurrahman merupakan Bupati Banjar periode sebelumnya. Biasanya beliaulah yang melepas Ziarah Kubro ini, sekarang beliau yang diziarahi, bahkan beliaulah yang mengangkat ini menjadi wisata religi, mungkin jemaah teringat akan hal itu,” ucap Ketua Yayasan Pesantren Syafaat Bukhari Muslim M. Alisyahbana, usai mengikuti kegiatan, Ahad (09/01/2022).

Kubah Guru Khalil
Rombongan ziarah Kubro dipimpin Pengasuh PonPes Syafaat Bukhari Muslim Tuan Guru H.G. Nasrullah (tengah) bersama Guru Itqon Putra dari almarhum KH. Khalilurrahman (kiri) di makam KH. Khalillurrahman

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menbantu kelancaran dan terselenggaranya kegiatan rutin ini.

Hadir pula dalam ziarah ini Anggota DPRD Banjar Muhammad Iqbal, yang mengharapkan dapat mengambil teladan dan juga keberkahan dunia akhirat.

“Semoga dengan ziarah ini rasa kebersamaan sebagai umat muslim tambah erat, dan yang penting dengan kita berziarah ke makam para ulama, para aulia Allah, kita dapat menjadikan mereka teladan, baik dalam dakwah maupun dalam keseharian,” sebut Muhammad Iqbal yang juga menantu Almarhum K.H. Khalilurrahman.

M. Alisyahbana
Ketua Yayasan Pondok Pesantren Syafaat Bukhari Muslim M. Alisyahbana (kiri) bersama Muhammad Iqbal Anggota DPRD Banjar | Foto : Ist

Kegiatan berlanjut hingga ke Kabupaten Tapin, yakni ke Datu Sanggul dan Wali Gadung. Kemudian ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yakni ke Makam Datu Taniran serta ke Kubah Guru Kapuh. Ditutup ziarah ke Kubah Datu Kelampayan Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Aditya / Ahmad MT