Kalsel  

Wakil Ketua DPRD Kalsel Bantu IGI

IGI
Muhammad Syaripuddin Memberikan Bantuan Kepada Ikatan Guru Indonesia Kalsel

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Syaripuddin, menyerahkan bantuan kepada pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kalsel, untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Jadi kondisi sekarang cukup menggagetkan semua pihak, yang tidak siap dengan pembelajaran daring,” ujar Muhammad Syaripuddin, usai menyerahkan bantuan, kemarin.

Untuk itulah, para guru ini perlu dilatih menggunakan teknologi informasi (TI) yang tepat dan akurat, sehingga hal ini tidak menjadi kendala lagi dalam pembelajaran jarak jauh.

“Pelatihan ini bisa segera dilaksanakan, kita hanya membantu merealisasikan tahap awal program IGI Kalsel,” jelas politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut.

“Adapun kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring, adalah kuota internet, kemampuan guru dan lainnya,” ujar Ketua Harian IGI Pusat, Gusti Surian, yang turut berhadir dalam acara penyerahan ini.

Alasan itulah yang membuat pengurus IGI Kalsel berinisiatif melaksanakan peningkatan kompetensi guru, terutama penggunaan TI, agar mereka mampu efektif mengajar secara daring.

“Tidak hanya persiapan materi, namun para guru juga mahir menggunakan aplikasi pembelajaran daring, seperti zoom, google classroom dan lainnya,” urai Gusti Surian yang juga guru di Madrasah Aliyah Istiqomah Banjarmasin tersebut.

Selain pembelajaran secara daring, para guru juga bisa melakukan tatap muka maupun kunjungan, untuk mendatangi peserta didik ke rumah atau tempat yang ditentukan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Ini diberlakukan di daerah yang tidak terjangkau jaringan internet, sehingga tidak memungkinkan dilakukan secara daring,” tegasnya.

Editor : Ahmad MT